6 Bulan Pertama Kehidupan Bayi

MEMILIKI bayi sungguh luar biasa! Sebagai orangtua, Anda tentu ingin selalu memerhatikan tumbuh kembangnya. Namun, tahukah Moms, bahwa pada 6 bulan pertama, bayi banyak mengalami perkembangan yang sangat menakjubkan. Seperti apa?

Berikut pemaparan dari dr. Desy Dewi Saraswati, SpA dari RSIA Evasari, Jakarta, tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi, vaksin yang harus diberikan, refleks yang sudah ditunjukkan dan penyakit yang sering dialami bayi pada usia 0-6 bulan, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Pertumbuhan

c10Zy2SX5lTumbuh berkaitan dengan fisik anak, yaitu hal-hal yang dapat dilihat dengan mata dan dapat diukur, seperti: tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala. Kurva pertumbuhan untuk kenaikan berat badan pada tahun pertama kehidupan bayi menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) atau Stated National Center for Health Statistic (NHCS), untuk bayi dengan berat lahir normal adalah:
•    Triwulan I    : 750-1000 gram/bulan
•    Triwulan II     : 600 gram/bulan
•    Triwulan III    : 400 gram/bulan
•    Triwulan IV    : 200-300 gram/bulan

Refleks

Meski baru lahir, gerakan bayi sudah sangat aktif yang didominasi oleh gerakan refleks. Moms bisa mencermati 6 gerakan refleks yang harus sudah dimiliki bayi baru lahir, yakni:

Melangkah

Bila tubuh bayi dipegang pada bagian bawah ketiaknya dalam posisi tegak (pastikan kepalanya tertopang/terpegang dengan baik, lalu kakinya menyentuh bidang yang datar) maka secara otomatis bayi akan meluruskan tungkainya seolah-olah hendak berdiri. Begitu tubuhnya dimiringkan ke depan, kakinya akan bergerak seakan-akan ingin melangkah.

Mencari Puting (rooting)

Begitu Moms menyentuh sudut bibir dan pipi bayi dengan tangan, maka bayi akan langsung memiringkan kepalanya ke arah datangnya sentuhan dengan mulut yang membuka. Perlu diingat Moms, bila pipinya bersentuhan dengan payudara, bayi akan langsung memiringkan kepalanya dan mengarahkan mulutnya untuk mendapatkan ASI.

Mengisap

Bila Moms menyentuh bibir bayi dengan ujung jari, secara otomatis bayi akan membuka mulutnya dan mulai mengisap. (Catatan: ketika puting susu masuk ke dalam mulutnya, bayi akan langsung mengisap ASI).

Menggenggam (babinski)

Jika jari Moms diletakkan di tengah telapak tangan atau di bawah jari kakinya, secara otomatis jari-jari bayi akan mengerut dan menekuk seolah-olah ingin menggenggam atau menjepit dengan erat.

Moro

Bila Moms memukul keras-keras atau menarik alas tidurnya serta mengangkat dan menurunkan tubuhnya secara mendadak, maka kedua tangan serta kakinya akan merentang dan menutup lagi. Bersamaan dengan itu, jemarinya pun menggenggam.

Leher Asimetrik Tonik

Refleks ini memang agak sulit terlihat. Meski begitu, bisa Moms amati. Caranya dengan membaringkan bayi, lalu miringkan kepalanya ke kiri. Nah, tangan kiri bayi akan segera merentang lurus keluar, sedangkan tangan kanannya akan menekuk ke arah kepalanya. Perlu diketahui, refleks ini paling jelas terlihat saat bayi sudah berusia dua bulan dan akan menghilang saat usianya lima bulan.

Peran gerak refleks pada bayi baru lahir sangatlah penting, sehingga dokter akan memeriksanya dengan seksama. Selain untuk melihat ada tidaknya refleks, dokter juga akan memeriksa apakah gerakan refleks bayi muncul secara simetris atau tidak.

Meski begitu, Moms juga bisa ikut memantau beberapa gerak refleks bayi di rumah, agar tahu sejauh mana perkembangan fungsi sistem saraf pusat dan koordinasi motorik bayi.
“Ada beberapa refleks yang tidak akan ada seterusnya. Sejalan dengan pertambahan usia dan pertumbuhan fisik serta kemampuan fungsi organ tubuhnya, beberapa refleks memang akan hilang. Bisa juga gerak refleks tadi berkembang jadi gerakan yang lebih terkontrol. Bahkan, bila masih ada refleks yang seharusnya sudah hilang pada usia tertentu, segeralah konsultasikan ke dokter. Bisa jadi, ini menandakan adanya gangguan pada proses perkembangan bayi,” ujar Desy. (ind)

http://health.okezone.com/read/2013/09/04/483/860795/6-bulan-pertama-kehidupan-bayi

Categories: Media Clipping and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *