Yuk, Penuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh

Vitamin sangat diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses pengolahan yang terjadi di dalam tubuh. Jika kekurangan vitamin, maka proses metabolisme pun akan terganggu. Tentunya, kesehatan tubuh pun terganggu.

Tubuh manusia memang memerlukan beragam vitamin untuk menunjang metabolismenya. Dengan terpenuhinya kebutuhan akan vitamin, tentu proses metabolisme di dalam tubuh bisa berjalan dengan baik, sehingga teman – teman tumbuh menjadi anak yang sehat.

Vitamin yang dibutuhkan tubuh terdiri dari 13 jenis vitamin yaitu Vitamin A, B, B1, B2, B3, B4, B5, B6, B12, C, D, E, dan K. Vitamin – vitamin tersebut bisa teman – teman dapati dari sayur , susu, ikan, buah – buahan, kacang – kacangan, serta produk hewani seperti daging sapi, ayam, ikan, dan telur, serta sinar matahari.

Kekurangan salah satu atau sebagian besar dari 13 vitamin tersebut dalam waktu yang cukup lama, bisa mengacaukan metabolisme tubuh dan membuat tubuh rentan penyakit. Tidak hanya itu, nafsu makan juga berkurang, tubuh pendek, tidak aktif, dan bahaya lainnya, sel – sel otak tidak berkembang secara penuh sehingga bisa mengurangi tingkat kecerdasan dan konsentrasi.

Tercukupinya semua kebutuhan vitamin pada anak, menurut dr. Frieda Handayani, SpA, dokter spesialis Anak RSIA Evasari, Jakarta, bisa diperoleh ketika makanan yang dikonsumsi memiliki kecukupan nutrisi ( Kandungan vitamin ) yang baik.

Multivitamin

dr.-Frida

dr. Frieda Handayani, SpA, Spesialis Anak RSIA Evasari

Lalu, apakah kita boleh kita mengkonsumsi tambahan vitamin dari luar (multivitamin) jika makanan kita sehari – hari tidak mengandung gizi yang cukup ? Menurut dr. Frieda, hal tersebut bisa dilakukan asal berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan diminum sesuai dosis.

Multivitamin sendiri ada beberapa kelompok, yaitu multivitamin yang bersifat sebagai imuno modulator dan multivitamin yang berbasis kebutuhan multivitamin harian. Multivitamin yang bersifat imuno modulator tidak bisa dipergunakan secara terus menerus karena berfungsi meningkatkan imun ( Daya tahan ) tubuh yang sedang tidak sehat. Bila sudah sehat, maka harus dihentikan.

Adapun multivitamin yang berbasis kebutuhan vitamin harian, bersifat sebagai suplemen pengganti kekurangan vitamin dalam tubuh setiap harinya. Bisa dikonsumsi secara teratur sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Just For Kids Magazine Edisi 17 Tahun IV

Categories: Media Clipping, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *