Gigi Anak Sehat, Investasi Masa Depan

IkaSabtu pagi, 21 Juni yang lalu suasana di Aula RSIA Evasari tampak meriah. Ibu – ibu beserta putra putri tercinta hadir untuk mengikuti Seminar Awam. Tema kali ini adalah “ Gigi Anak Sehat, Investasi masa depan” yang disampaikan oleh drg. Ika Anisyah, SpKGA. Beliau menjelaskan pentingnya merawat gigi sejak dini, karena banyak efek yang timbul akibat kondisi gigi yang kurang baik. “Kebanyakan ketika sakit baru datang ke dokter,” ungkap drg. Ika Anisayah, SpKGA. Sebenarnya jika dijaga lebih awal masalah gigi anak dapat diatasi, tambahnya.

Hal yang sering terjadi pada gigi susu diantaranya baby bottle caries / karies botol yang disebabkan karena pemakaian botol susu yang terlalu lama dan biasanya minum susu sambil tidur. Hal ini ditandai dengan timbulnya kerusakan gigi depan atas dan belakang bawah. Ada juga rampant caries yaitu kerusakan gigi susu secara cepat dan hampir mengenai seluruh gigi. Keadaan ini disebabkan oleh oral hygiene yang kurang baik, struktur gigi dan pola makan yang tidak benar.

Materi menarik dan penyampain yang edukatif membuat peserta enggan beranjak dari tempat duduknya, mereka nampak antusias mengikuti acara sampai selesai.

Di akhir acara drg. Ika juga memberikan tips agar gigi susu tetap terjaga dengan cara ;

1. Bantu dan ajari anak menyikat gigi

2. Pasta gigi yang mengandung fluor baik untuk gigi, tapi sebaiknya diberikan setelah anak berusia 3 tahun dimana ia sudah mampu berkumur.

3. Awasi jenis jajanan anak

4. Luangkan waktu untuk memeriksa gigi anak agar dapat ditangani sedini mungkin

 

Categories: News, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *