Merawat Wajah agar Bersih dari Jerawat

Dear dokter,

Mohon informasi soal kesehatan kulit dok, terutama kulit wajah. Saya bingung dengan kondisi jerawat saya yang tak bisa “dibasmi” secara tuntas. Padahal, saya rajin membersihkan wajah. Apa solusinya dok? Terima kasih sebelumnya.

Suci, 29, Jakarta Pusat

Jawab:

dr Mira Sutiarso, General Manager Harmonia

dr Mira Sutiarso, General Manager Harmonia

Ya, memang mengesalkan ketika jerawat masih muncul walau sudah rajin membersihkan wajah.  Jerawat memang identik dengan masa puber. Tetapi, cukup banyak juga orang yang terus jerawatan sampai dewasa. Pada beberapa kasus, jerawat dewasa tersebut bisa jadi tanda gangguan hormonal. Patut juga diperhatikan faktor lain, misalnya stres, pola makan dan pola tidur.

Pada prinsipnya jerawat terjadi karena faktor sumbatan kelenjar sebum atau kelenjar minyak yang kemudian meradang dan terinfeksi oleh kuman.  Penyebab lain, adanya sumbatan pada kelenjar minyak ketika produksi minyak meningkat akibat pengaruh hormonal. Karenanya, pembersihan wajah yang efektif tidak selalu berhasil mengurangi jerawat.

“Munculnya jerawat juga dipengaruhi oleh asupan makanan dan hormonal. Jadi sangat penting memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Kurangi makanan berlemak, seperti daging berlemak, santan, coklat, kacang-kacangan,” ujar dr Mira Sutiarso, General Manager Harmonia, Klinik Spesialis Kulit dan Estetika, bagian dari Grup RS Awal Bros.

Mira mengungkapkan munculnya jerawat kadangkala dipengaruhi pula oleh faktor alergi, seperti alergi makanan laut atau telur. “Untuk mencapai hasil maksimal, konsultasikan ke dokter kulit, dan pemilihan jenis krim perawatan yang cocok,” jelas Mira, sembari menambahkan bahwa Harmonia kini telah hadir di RSIA Evasari, Jl. Rawamangun No. 47, Pramuka, Jakarta Pusat.

Categories: Consultation, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *