Apa pentingnya check up jantung dengan rutin ?

167635_otak-manusia_663_382

Apa pentingnya check up jantung dengan rutin ?

  • Penyakit jantung adalah sangat umum dan mengancam jiwa.
  • Pentingnya dari check up rutin untuk mencegah penyakit jantung adalah kita ingin menurunkan resiko terkena penyakit jantungnya. Selain itu, check-up rutin dapat mendeteksi penyakit jantung lebih awal. Semakin awal penanganan dilakukan, semakin baik hasilnya di kemudian hari.
  • Hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung kongestif, ataupun gagal ginjal. Untuk mendiagnosis hipertensi, hanya dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah yang mudah dan tidak invasif.
  • Pengecekan tingkat kolesterol sangat penting dalam check up rutin karena tingkat kolesterol yang berlebih (hiperkolesterolemia) adalah salah satu faktor resiko utama penyakit jantung yang terutama dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Siapa yang harus melakukan check-up rutin jantung?

  • Anak-anak dan remaja. Pada dasarnya, check-up rutin jantung pada anak-anak dan remaja tidak perlu. Kalaupun ada yang diperlukan adalah hanya pada anak-anak dan remaja yang memiliki familial hypercholestrolemia (FH) karena pada kalangan ini, deteksi awal penting untuk mencegah penyakit jantung koroner di kemudian hari.
  • Dewasa muda (20 tahun ke atas). Pemeriksaan kolestrol dapat dilakukan pada usia dewasa muda, 20 tahun ke atas dan dilakukan skrining setiap 5 tahun sekali.
  • Populasi yang memiliki faktor resiko penyakit jantung dan/atau dianggap memiliki resiko terhadap orang lain dan sekitarnya bila terjadi inkasipitasi akibat penyakit jantung.

Pertanyaan berikutnya adalah kapan kita harus mulai melakukan check-up jantung?

Pada umumnya, check-up jantung yang harus dilakukan bervariasi tergantung dari usia dan faktor resiko yang dimiliki seseorang. Secara umum, pemeriksaan jantung sendiri dapat dimulai sejak dini. Namun, jenis pemeriksaan tidak sama rata untuk segala tingkat usia. Hasil penemuan dokter sendiri (baik dari anamnesis ataupun pemeriksaan fisis) penting dalam menentukan jenis-jenis pemeriksaan lanjut apa yang dianggap perlu untuk masing-masing pasien.

Pada umumnya, check-up rutin jantung sekarang meliputi:

  • Anamnesis dan pemeriksaan fisis
  • Anamnesis meliputi keluhan seseorang yang mungkin mengindikasikan ke arah jantung.
  • Riwayat penyakit seseorang di masa lampau dan faktor-faktor yang mungkin memberatkan, cth: hipertensi, diabetes mellitus (kencing manis).
  • Riwayat penyakit jantung di keluarga yang memiliki hubungan darah langsung dengan pasien.
  • Pemeriksaan fisis yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, berat badan, pemeriksaan jantung secara menyeluruh untuk mengetahui adanya kelainan atau tidak. Pemeriksaan tekanan darah sendiri dapat mulai dilakukan pada pasien yang berusia lebih dari 18 tahun dan dapat dicek ulang setiap 2 tahun sekali.
  • Pemeriksaan penunjang:
  • EKG (Elektrokardiogram) sebagai pemeriksaan penunjang lini pertama yang kemudian dapat dilanjutkan dengan Exercise Stress Test (EST) dan echocardiography bila diperlukan. EKG tidak direkomendasikan bagi pasien yang sama sekali tidak bergejala dan tidak memiliki faktor resiko.
  • Profil lipid (kolesterol) yang terdiri dari total kolestrol, HDL-kolestrol (High Density Lipoprotein), LDL-kolestrol (Low Density Lipoprotein) dan Trigliserida. Berdasarkan rekomendasi dari US Preventive Service Task Force (UPSTF), pemeriksaan kolestrol direkomendasikan pada pria berusia lebih daripada 35 tahun, pria berusia antara 20 – 35 tahun yang memiliki faktor resiko penyakit jantung koroner, dan wanita berusia lebih dari 20 tahun yang memiliki faktor resiko penyakit jantung koroner. Variasi dari profil lipoprotein yang lebih lengkap yaitu dengan Apo B dan Lp(a) untuk menentukan faktor resiko penyakit jantung koroner yang lebih ekstensif.
  • Gula darah puasa (GDP) atau HbA1c untuk mengetahui apakah adanya diabetes mellitus (kencing manis) atau tidak.

 

Sumber: http://ddsn.sc.gov/providers/manualsandguidelines/Documents/HealthCareGuidelines/CardiovascularScreening.pdf http://www.world-heart-federation.org/cardiovascular-health/cardiovascular-disease-risk-factors/ http://www.webmd.com/cholesterol-management/cholesterol-and-triglycerides-tests http://www.lifelinescreening.com/health-screening-services/heart-disease.aspx

Artikel kesehatan di : http://www.tanyadok.com/kesehatan/jantung-anda-masa-depan-anda-pentingnya-check-up-rutin-untuk-mencegah-penyakit-jantung

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Tangerang, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *