Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

f1c5e4c64ee98a7114028bcee1c50594

APAKAH ANAK SAYA MENDERITA PENYAKIT JANTUNG BAWAAN?
Anak yang sehat menjadi dambaan setiap keluarga. Bila seorang anak sakit, seluruh keluarga menjadi lumpuh karena segenap perhatian dan tenaga tercurah pada kondisi anak. Selain sakit akibat infeksi, beberapa penyakit lain pada anak kini menjadi perhatian dunia kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung bawaan pada anak (PJB anak).

APAKAH ANAK SAYA MENDERITA PENYAKIT JANTUNG BAWAAN?

Sakit jantung pada anak berbeda dengan yang dialami sakit jantung saat dewasa.

Mengapa ?
Jantung kita terbentuk mulai hari ke 15 kehamilan dan telah selesai pada hari ke 50, jadi pada usia kehamilan 7-8 minggu jantung telah menjalankan fungsinya. Pada masa itu, apabila terjadi ‘gangguan’ maka proses pembentukan struktur jantung menjadi tidak sempurna. Oleh sebab itu , sakit jantung bawaan pada anak adalah kelainan struktur jantung yang sudah terdapat sejak lahir, namun gejala dan tandanya dapat timbul di kemudian hari.

Mengapa seorang anak mengalami penyakit jantung bawaan?
Sayangnya sampai saat ini 90% penyebab ketidaksempurnaan pembentukan jantung belum diketahui secara pasti, 7% diduga disebabkan infeksi termasuk faktor gizi serta lingkungan dan hanya sekitar 3% diduga dipengaruhi faktor genetik.

Apa saja bentuk penyakit jantung bawaan?
Jenis kelainannya dapat bocor pada katup jantung, bocor pada sekat, letak pembuluh darah yang tidak normal, ada bagian yang tidak terbentuk, dll, sebagian dapat menyebabkan berkurangnya kadar oksigen darah secara keseluruhan sehingga tampak biru, namun ada juga yang seolah-olah normal. Variasi kelainan yang sangat luas inilah yang menyebabkan PJB ini dapat tidak terdeteksi pada saat awal kehidupan.

Kepustakaan
• Park MK. Pediatric Cardiology for practitioners.6th ed.Philadelphia:Elsevier; 2014.p.1-8.
• Ruppel K. Molecular and morphogenetic cardiac embryology:implications for congenital heart disease.In:Artman M,Mahony L,Teitel DF,editors.Neonatal cardiology. NewYork:McGrawHill; 2002. p.1-19.

Penulis
Dr. Nuvi Nusarintowati Mardanus,SpA(K), kardiologi anak RS Evasari

Categories: Artikel and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *