Kanker serviks merupakan kanker ginekologi yang paling mudah dicegah

Walaupun kanker serviks adalah kanker ginekologi yang paling mudah dicegah dan kemungkinan besar dapat disembuhkan apabila terdeteksi dini dan mendapatkan perawatan yang tepat, jangan remehkan kanker serviks (kanker mulut rahim). Karena faktanya seluruh wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seks berisiko terkena kanker serviks, terutama wanita di atas 30 tahun. Sebagian besar kasus kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), virus ini biasa ditransfer melalui hubungan seksual. Setidaknya setengah dari orang-orang yang aktif secara seksual bisa terjangkit HPV, tapi dalam tubuh wanita virus ini dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Melakukan hubungan seksual pada usia dini atau mempunyai pasangan yang sering gonta-ganti pasangan, sudah jelas meningkatkan risiko terjangkit HPV. Selain itu ada beberapa faktor hormonal dan daya tahan tubuh yang juga bisa meningkatkan risiko terkena HPV:

● Merokok (karena menurunkan daya tahan tubuh)

● Terjangkit HIV, atau kondisi lain yang dapat memperlemah daya tahan tubuh

● Menggunakan pil atau suntikan KB lebih dari 5 tahun

● Pernah melahirkan 3 anak atau lebih

Pada awalnya kanker serviks mungkin bisa tidak menunjukkan tanda dan gejala, tapi dalam tahap lanjut, kanker serviks bisa menyebabkan perdarahan dari vagina yang tidak normal, misalnya perdarahan sesudah berhubungan seks. Kalau kamu mengalami gejala ini, segera hubungi dokter untuk memastikan apakah perdarahan disebabkan oleh kanker atau bukan.

Tindakan pencegahan dan deteksi dini merupakan langkah yang sangat penting agar tidak terjangkit HPV, caranya:

1. Jangan merokok

2. Gunakan kondom pada saat berhubungan seks

3. Batasi pasangan untuk berhubungan seks

4. Rutin melakukan Pap test (tes untuk mendeteksi HPV)

5. Melakukan vaksinasi kanker serviks (dianjurkan dimulai untuk gadis berusia 11 atau 12 tahun, atau sudah mengalami menstruasi)

Cukup mudah kan? Jadi tunggu apalagi ladies, segera proteksi dirimu dengan vaksinasi. Karena kesehatan adalah investasi yang paling berharga.

Categories: Artikel, Promotions, RS Awal Bros Tangerang, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *