4 Gejala Hipertensi Pada Ibu Hamil yang Harus Diwaspadai

Screenshot_2015-09-28-12-33-52

Tekanan darah pada ibu hamil harus di angka yang normal, jika terjadi lonjakan tekanan darah, Anda harus waspada dan segera cek kesehatan ke dokter kandungan yang terpercaya.

MajalahKartini.co.id – Kehamilan adalah masa rentan terhadap bahaya penyakit. Untuk itu perlu diterapkan gaya hidup sehat saat hamil dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, misalnya sayur, buah, dan daging tanpa lemak, serta susu rendah lemak. Hindari makanan yang mengandung garam tinggi, merokok dan minuman beralkohol.

Salah satu penyakit kehamilan berbahaya adalah hipertensi. Jika terkena hipertensi saat hamil, sebaiknya jaga kesehatan dengan baik. Periksakan diri ke dokter kandungan agar kondisi Anda tetap terjaga. Namun ketika Anda sedang mengalami hipertensi, jangan khawatir karena dokter akan berikan obat untuk turunkan tekanan darah Anda.

Ikuti semua petunjuk yang ada, jangan berhenti untuk konsumsi atau mengganti dosis tanpa pengawasan dokter. Hindari pula penggunaan obat herbal untuk menurunkan tekanan darah tanpa bukti ilmiah yang kuat.

Berikut adalah gejala-gejala dari hipertensi yang harus diperhatikan menurut Dr. Sita D. Utari SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Evasari Awal Bros:

1. Tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg
Tekanan darah ibu hamil normalnya adalah di bawah 140/90 mmHg. Ketika tensi darah ibu hamil melebihi batas tersebut, maka hal ini sudah termasuk gejala bahwa ibu hamil mengalami hipertensi.

2. Pengeluaran urin yang sedikit
Jika ibu hamil tidak pernah buang air kecil, maka hal ini perlu diwaspadai sebagai salah satu gejala darah tinggi. Namun untuk mengetahuinya secara pasti, anda dapat melakukan tes urin. Biasanya urine ibu hamil penderita darah tinggi juga mengandung protein.

3. Kenaikan berat badan yang tidak normal
Meskipun kenaikan berat badan merupakan hal normal bagi para ibu hamil, namun jika kenaikannya secara berlebihan disertai dengan gejala lain, tentu harus diwaspadai lebih lanjut.

4. Pembengkakan
Tanda yang paling terasa ketika terkena hipertensi adalah terjadinya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh, seperti kaki, wajah, atau bagian tubuh lainnya. Jika gejala ini terjadi pada Anda, periksakan segera ke dokter pribadi Anda. (Foto: Istimewa)

Categories: Media Clipping, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *