Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

PapTest-large

Penyakit kanker yang sering menyerang wanita salah satunya adalah kanker leher rahim atau serviks. Apa itu kanker serviks? Kanker serviks adalah sel-sel yang tumbuh secara tidak normal, namun bisa muncul dan tumbuh dimana saja selain di sel-sel mulut rahim. Penyebab kanker ini salah satunya adalah Human Papilloma Virus (HPV), kuman ini merupakan suatu pencetus dari terjadinya penyakit kanker leher rahim. Kebiasaan buruk seperti merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker serviks ini muncul.

Gejala yang ditunjukkan dari penyebab kanker leher rahim serviks adalah pendarahan yang terjadi disaat melakukan hubungan intim atau disaat haid datang, nafsu makan yang berkurang dan bobot tubuh yang menurun, rasa nyeri yang dirasakan pada daerah tulang panggul, daerah tulang belakang dan kaki, kaki yang terlihat membengkak juga merupakan salah satu gejala dari penyakit kanker leher rahim serviks ini.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebab kanker serviks ini mengalami penyebaran didalam tubuh kita, salah satunya dengan melakukan usaha pencegahan, usaha deteksi dini dengan pap smear.

Pap smear atau tes Pap adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi dini kanker leher rahim.  Selain itu, dengan tes ini kita juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Pap smear dianjurkan dilakukan oleh setiap wanita, terutama mereka yang telah berkeluarga dan sudah pernah melahirkan. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka Anda telah melakukan tindakan pencegahan kanker leher rahim yang terbaik.

Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru memiliki layanan Pap smear yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Kandungan. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Customer Care Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru 08117510599.

Categories: Artikel, Promotions, RS Awal Bros Pekanbaru, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *