34 Penderita Bibir Sumbing Jalani Operasi Gratis di Hari Juang Kartika ke 70 Tahun

baksos-hari-bakti-juang_20151215_122753Dalam rangka Hari Juang Kartika ke 70 tahun, TNI AD korem 031/wirabima bekerjasama dengan Rumah Sakit Awal Bros Panam, Perhimpunan Bedah plastik, reskintruksi dan estetika Indonesia (Perapi), SmileTrain dan Buddha Tzu Chi melakukan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit langit gratis, di Rumah Sakit Awal Bros Panam, Selasa (15/12/2015).
Direktur Rumah Sakit Awal Bros Panam dr. Mutiara Arcan mengatakan, ada total 34 pasien yang akan dioperasi dalam waktu 10 hari ini dari tanggal 14 Desember hingga 23 Desember. Nanti rata-ratanya mengoperasi 4 sampai 5 pasien perhari.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kita bisa meningkatkan kualitas hidup pasien penderita bibir sumbing dan celah langitan, mengembalikan kepercayaan diri dan senyum ceria mereka untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah”, ujar dr. Mutiara Arcan.

Sementara itu, Spesialis Bedah Plastik Rekontruksi Estetik RS Awal Bros Panam dr. Ferdinand, SpBP menjelaskan, bibir sumbing itu dipengaruhi faktor keturunan dan beberapa faktor lainnya. “Jadi kalau ada operasi gratis seperti diajak supaya teman- teman penderita bibir sumbing dan langit tersebut untuk ikut karena ini merupakan tindakan operasi merubah hidup, “ujarnya.
Kalau misalnya ada kegiatan bakti sosial yang biasa biasa dikasi obat selesai, palingan tiga hari balik lagi penyakitnya, tetapi bibir sumbing itu dia bawa seumur hidup. Mungkin di belakang dia disimpan karena menjadi aib bagi keluarga di lingkungan masyarakat, tetapi dengan operasi ini dia bisa punya harga diri lagi dan menjalani hidup dengan lebih baik, paparnya.

dr. Ferdinand menambahkan kan, standart untuk melakukan bedal plastik untuk bibir sumbing itu pada umur tiga bulan dan operasi langit- langit pada umur sepuluh bulan. Ia tidak merekomendasikan operasi langit- langit lewat dari 12 bulan. Sebab, jika dioperasi pada waktu 10 bulan langit- langit akan tertutup dengan baik. Waktu dia belajar ngomong usia mulai 12 bulan.

Tetapi kalau sudah terlanjur ngomong dan langit- langitnya sudah terbuka, otaknya akan belajar dengan cara yang salah dan waktu dioperasi pun dia akan ngomong sengau. Makanya untuk langit usia 10 bulan harus dioperasi. Apalagi dengan bakti sosial ini gratis jadi tidak alasan bagi keluarga untuk operasi, karena sekali terlambat operas, suaranyatidak akan banyak berubah, sambungnya.

Operasi bibir sumbing dan langit ini juga mendapat respon dari pasien dan keluarga pasien, seperti yang dikatakan oleh satu di antar keluarga pasien operasi. “Terimakasih telah memberi jalan keluarnya dan sumbangan operasi gratisnya, karena operasi ini biayanya mahal dan kami tidak mempunyai uang untuk itu, “ucap Puji Lestari, seorang keluarga pasien. Iya juga menuturkan bahwa dirinya sangat senang dan bersyukur kepada Tuhan. “Saya senang dan bersyukur kepada TUhan, dalam 20 tahun ini saya bisa dioperasi, karena dulunya saya tidak punya biaya, “tuturnya kepada Tribun Pekanbaru”.

Sementara itu Manager Bussines and Development RS Awal Bros Panam dr. Rumatha Veralisa Sihaloho mengatakan, Manajemen RS Awal Bros Panam membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapat bantuan operasi bibir sumbing dan langit- langit. “Saya juga harapkan peran dari media untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat yang belum mengetahui, kita akan terbuka menerima sampai kapan pun. Silahkan lapor langsung ke RS Awal Bros Panam dan apabila diluar daerah dapat melapor pada kantor TNI- AD terdekat nanti akan diarahkan ke rumah sakit terdekat dan akan segera dibantu.

Sumber Tribun Pekanbaru

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Panam, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *