Jaga Sanitasi Tetap Higienis

Untitled design(8)

dr. Julia Melisa, SpKK

Bermacam-macam penyakit dapat menyerang saat musim hujan. Hal ini dikarenakan selain cuacanya yang lembab, sinar matahari juga jarang didapatkan. Berarti secara tidak langsung kuman-kuman mikroorganisme, bakteri, jamur, virus, parasit dapat hidup karena tidak terpapar sinar matahari.

Biasanya penyakit kulit yang paling sering terjadi pada musim hujan yang disebabkan oleh jamur adalah kurap. Ini bisa terjadi pada area badan yang ada lipatan seperti ketiak, selangka paha. Selain kurap, panu juga bisa terjadi karena kondisi yang lembab.

Kemudian adanya infeksi parasit yang salah satunya disebabkan kutu atau tungau, ini dapat disebabkan oleh beberapa  hal yaitu pada musim hujan kebanyakan orang jarang mengganti seprai dan sarung bantal. Alasannya karena tidak dapat menjemur saat hujan. Sama halnya dengan handuk, handuk yang lembab karena tidak dijemur dapat mengakibatkan munculnya jamur pada kulit apabila dipakai.

Saat musim hujan daya tahan tubuh kita lebih rendah. Karena itu penyakit batuk, pilek dan penyakit dari sistem pernapasan atas serta pencernaan dapat timbul. Hal ini membuat daya tahan tubuh kita berkurang dan lebih mudah terkena virus. Misalnya tetangga terkena virus cacar air, seseorang bisa terjangkiti karena daya tahan tubuhnya yang rendah.

Selain itu, penyakit kulit ini bisa terjadi karena alergi. Biasanya ada orang yang dapat terkena kaligata karena suhu yang dingin. Ini susah untuk menanggulanginya. Pada saat musim hujan ia akan muncul, dan jika suhu sudah normal maka ia akan hilang dengan sendirinya.

Nah, untuk pencegahannya pertama higienisasi yang mesti diperhatikan. Kemudian cuci tangan setiap akan beraktivitas dan setelah beraktivitas. Kalau bisa disempatkan untuk menjemur handuk yang sudah kita pergunakan. Pakaian yang sudah basah segera dicuci dan jangan ditumpuk.

Setelah beraktivitas, apabila basah terutama didaerah kaki, sebaiknya dibersihkan dan dikeringkan. Karena jamur mudah muncul dalam kondisi lembab. Kemudian tempat tidur, seprai, sarung bantal dibersihkan dan diganti dan jemurlah bantal apabila terdapat sinar matahari.

Narasumber :

dr. Julia Melisa, SpKK
Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru

Categories: Artikel, RS Awal Bros Pekanbaru, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *