Jangan Asal Memandikan!

Newborn 8

Jangan Asal Memandikan! . dr. Atiek Widyasari Oswari, Sp.A . RS Awal Bros Bekasi

 

 

 

Mandi merupakan salah satu cara untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan bau, serta memelihara kesehatan tubuh. Namun Moms harus waspada jika ingin memandikan si kecil yang baru lahir, alih-alih membuatnya bersih malah membuatnya hipotermia. Loh, kok bisa?

“Sebenarnya, bayi yang baru dilahirkan belum perlu dimandikan. Pasalnya kulit bayi diselubungi lapisan pelindung lemak yang berfungsi menjaga temperatur tubuh bayi agar tetap stabil,” buka dr. Atiek Widyasari Oswari Sp.A. Menurutnya justru memandikan bayi terlalu dini dapat menikatkan resiko hipotermia. Bahkan kejadian hipotermia sering terjadi pada saat memandikan bayi dibawah 2 bulan, terutama bayi prematur. Faktor resiko seperti; usia saat mandi, suhu tubuh sebelum mandi, suhu air mandi, lama waktu mandi, suhu ruang mandi dan suhu lingkungan bayi, juga dapat mempengaruhi terjadinya hipotermia akibat memandikan bayi cukup bulan dan sehat pada usia lebih dari 6 jam sesudah lahir.

Risiko Hipotermia

Mandi air dingin tidak dianjurkan pada bayi baru lahir atau bayi berusia dibawah 6 bulan. Hal itu dikarenakan bayi bisa mengalami hipotermia. Hipotermia bisa terjadi dimana kondisi suhu badan dibawah normal. Suhu normal pada bayi neonatus adalah 36,5-37,5 derajat celcius (suhu ketiak). Bila terjadi hipotermia maka bayi beresiko mengalami stres dingin.

Hipotermia ditandai dengan kaki tangan yang dingin, bayi tidak mau minum ASI, kurang aktif, timbul bercak-bercak putih di kulit (citos marmorata), pucat dan napas cepat. Bila berkepanjangan, akan menyebabkan kebutuhan oksigen meningkat, gangguan pernapasan, gangguan keseimbangan asam basa tubuh, gangguan peredaran darah, gangguan ginjal dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Hingga saat ini belum ada rekomendasi berbasis penelitian yang menyebutkan kapan bayi boleh dimandikan air dingin. Hal itu dikarenakan adanya berbagai kemungkinan penyebab atau faktor yang dapat menimbulkan hipotermia, dan bukan karena usia bayi saja.

Tak hanya mandi dengan air dingin saja, mandi dengan air hangat pun dapat menyebabkan resiko hipotermia pada bayi baru lahir. Itulah sebabnya The World Health Organization (WHO) merekomendasikan mandi perdana bayi setelah dilahirkan yaitu pada usia 6 jam atau setelah tanda vital dan temperatur stabil.

Safe Your healthy guys. Periksakan kesehatan Anda dan Keluarga di RS Awal Bros Bekasi

(Sumber: Tabloid Mom & Kiddie. Edisi 10 Th X. 31 Desember 2015 – 13 Januari 2016)

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Bekasi, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *