Menahan Bersin, Bahaya!

imagesTak sedikit dari kita menahan bersih karena takut mengganggu orang lain saat berada di keramaian. Padahal sebenarnya, menahan bersin tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Mengapa seseorang bersin? Apa bahayanya jika ditahan? Satu kali bersin, kita bisa menyebarkan kuman ke udara dengan kecepatan 161 kilometer per jam.

Spesialis Paru dan Penyakit Dalam, Dr dr Muhammad Harun Iskandar SpP, Sp PD-KR menjelaskan, bersin merupakan upaya refleks tubuh normal untuk mengeluarkan sesuatu yang masuk ke dalam saluran pernafasan, berupa bakteri dan virus.

“Karena saluran napas kita adalah area steril tidak boleh ada debu dan kuman lain yang masuk,” ujarnya Dokter Harun.

Jika bersin ditahan kata dia, akan berdampak fatal. Bakteri dan virus yang mestinya dikeluarkan, malah dapat mengakibatkan infeksi paru dan infeksi saluran napas.

“Infeksi paru dan saluran napas ini dapat diketahui dari kita saat mengalami demam, sesak napas dan batuk,” tuturnya.

Akan tetapi, menurut Harun, terkadang ada refleksi seseorang ingin bersin, tetapi tiba-tiba tidak terjadi. Hal tersebut dipengaruhi karena adanya kuman yang masuk tetapi tidak begitu berbahaya. Namun reseptor atau penerima rangsang dalam hidung tiba-tiba merespons.

Adapun Spesialis THT RS Awal Bros, dr Aminuddin Azis Sp THT(K) MARS mengutarakan, menahan bersin juga sangat berdampak pada pecahnya gendang telinga, gangguan pendengaran dan retina yang terlepas.

“Ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera juga dapat pengaruhi struktur bagian dalam kepala,” imbuhnya.

Maka dari itu, bersin merupakan hal yang positif untuk membersihkan rongga antara hidung, mulut dan tenggorokan. Untuk itu hal yang baik dilakukan agar tetap merangsang bersin dengan berada di tempat terbuka sambil melihat matahari dan membersihkan telinga.

Categories: Artikel, RS Awal Bros Makassar, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *