Peringatan Hari Kartini RS Awal Bros Panam

Bagi- bagi bunga kepada seluruh wanita di RS Awal Bros Panam

1Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Rumah Sakit Awal Bros Panam membagi- bagikan bunga kepada perempuan yang dirawat disana dengan harapan agar para pasien cepat pulih dan dapat kembali melanjutkan aktivitasnya. Manager Humas Rumah Sakit Awal Bros Panam dr. Rumatha Veralisa S menjelaskan 137 tahun lalu seorang perempuan bernama Raden Ajeng Kartini dilahirkan di tanah Indonesia. R A Kartini menginggal setelah melewati proses perjuangan menjadi seorang ibu, bahkan sampai zaman modern angka kematian ibu masih terbilang tinggi dari target pemerintah 109 kematian per 100.000 kelahiran hidup tapi nyatanya berdasarkan Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 tercatat 359 kematian per 100.000 kelahiran hidup.

7Di sinilah peran Rumah Sakit dibutuhkan demi menekan angka kematian ibu dan untuk menghargai perjuangan seorang ibu pada hari Kartini ini, Rumah Sakit Awal Bros Panam membagi- bagi bunga kepada pasien perempuan yang dirawat, ujar Rumatha, Kamis. Selain itu Rumah Sakit Awal Bros Panam juga menyediakan layanan- layanan demi kesehatan seorang ibu, salah satunya USG 4D, dimana USG 3D dirasa belum cukup, karena tidak dapat merekan gerak janin secara real time. Kondisi ini dibutuhkan saat dokter ingin mengamati perilaku janin (fetal behavior) lebih jauh. Selain itu, ketika kondisi ibu termasuk beresiko dan ada kemungkinan penyimpangan kondisi janin normal, tindakan ini seringkali disarankan oleh dokter.

Ibu hamil di atas 35 tahun, pernah melahirkan bayi dengan cacat bawaaan, memiliki latar belakang keluarga dengan cacat bawaan, ibu dengan penyakit diabetes, serta adanya pengalaman terpapar obat- obatan kimia atau sinar rontgen adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ibu membutuhkan teknologi USG 4D. Diharapkan dengan layanan ini wanita- wanita Indonesia dapat memeriksakan kondisi bayi dan tentunya ibunya sendiri agar lebih menekan kematian ibu dan bayi, sebut Rumatha. Selain menyediakan layanan- layanan untuk kesehatan ibu dan bayi, RS Awal Bros Panam juga rutin melakukan edukasi- edukasi kepada masyarakat.

Sumber : Riaupos

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Panam, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *