Mengejan Memicu Wasir

JAKARTA (netralitas.com) – Pernah merasakan bagai duduk di ujung tanduk sapi? Ya begitulah yang dialami oleh pasien wasir atau hemorrhoid. Wasir adalah terjadi pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau rectum bagian bawah. Hemorrhoid umumnya tidak berbahaya. Bahkan gejala sering kali menghilang dalam beberapa hari. namun ghalibnya muncul berulang akan lebih berat dari gejala yang muncul sebelumnya.

“Gejala paling sering dialami penderita wasir yakni perdarahan ketika BAB serta rasa nyeri dan gatal di sekitar anus,” ungkap Dr. Dumaria Ketty Siagian, SpB,M.Kes dokter di RS Evasari, Pramuka Jakarta.

Dumaria menyebutkan gejala lainnya yaitu keluar benjolan dari anus saat BAB. Dari yang paling ringan di mana benjolan masuk kembali setelah BAB, didorong/dibantu untuk memasukkan kembali ke anus hingga benjolan yang tidak dapat masuk kembali ke dalam anus.

“Jika gejala yang muncul tidak membaik, cepat ke dokter  untuk dilakukan diagnosis hemorrhoid berdasarkan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik (Evaluasi anus dan rectum/saluran pembuangan),” ungkapnya  ibu dokter ini panjang lebar.

Dokter spesialis di RS Evasari ini menyatakan penanganan hemorrhoid untuk meringankan gejala, mulai dari perubahan pola hidup (pola makan dan olahraga), pengobatan hingga tindakan operasi, tergantung dari ringan beratnya derajat hemorrhoid.

“Penyebab wasir  karena mengejan ketika BAB. Faktor–faktor lainnya termasuk kehamilan, kelebihan berat badan, riwayat keluarga, usia dan konstipasi kronik atau diare. Bisa juga akibat dari kekurangan nutrisi serat di dalam makanan,” ingatnya.

Salah satu obat mujarab mencegah wasir yakni melalui perubahan gaya hidup dengan banyak banyak air putih, kurangi minum kafein dan alkohol, menambah asupan serat  seperti buah, sayuran, beras merah atau cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Tidak menunda buang air besar. Sebaliknya, mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita mengejan saat buang air besar.

“Perubahan gaya hidup bisa mengurangi risiko hemoroid kambuh atau mencegah munculnya wasir,” pinta Dumaria.

http://www.netralitas.com/kesehatan/read/3909/mengejan-memicu-wasir

Categories: Media Clipping, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *