Bagi yang Sering Ngetik, yuk Kita Kenali Sindrom Terowongan Kapal

Carpal2

JAKARTA – Waspada jika Anda kerap merasakan nyeri di malam hari. Pasalnya, bisa jadi itu salah satu tanda ‘carpal tunnel’ (sindrom terowongan karpal) atau penyakit saraf tepi yang paling banyak ditemukan.

Ahli saraf dari Rumah Sakit Evasari Jakarta, dr. Dewi Hastuty, Sp.S menjelaskan, bahwa sindrom terowongan karpal dipicu oleh penekanan pada saraf ketika melalui terowongan karpal yang terletak di pergelangan tangan.

“Lebih sering dan lebih berat mengenai tangan yang dominan beraktifitas dan banyak ditemukan pada orang yang melakukan pekerjaan tangan tertentu. Seperti mengetik tanpa henti dan dengan posisi yang tidak tepat,” papar dr. Dewi kepada SINDOnews di Jakarta.

Umumnya, penderita akan merasakan gejala berupa nyeri, rasa baal dan kesemutan pada daerah telapak tangan atau pada pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan sebagian jari manis. Penyakit ini juga bisa memicu kelemahan pada daerah tersebut.

“Nyeri biasanya memberat saat malam hari yang terkadang dapat membangunkan penderita dari tidurnya. Sindrom terowongan karpal sering merasakan keluhan pada kedua telapak tangan, tetapi dapat juga terjadi pada satu tangan,” ungkapnya.

Sementara, nyeri dapat dirasakan dari ujung-ujung jari dan mengalir ke lengan atas atau sebaliknya. “Nyeri juga dapat terjadi setelah melakukan gerakan–gerakan yang berulang pada pergelangan tangan atau pergelangan tangan yang menetap pada beberapa saat di posisi tertentu,” pungkasnya.

http://lifestyle.sindonews.com/read/1108246/155/bagi-yang-sering-ngetik-yuk-kita-kenali-sindrom-terowongan-kapal-1463130781

Categories: Media Clipping, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *