Mengenal Sindrom Terowongan Karpal

karpal

Apakah Anda kerap merasakan nyeri, baal, kesemutan di daerah telapak tangan dan biasanya memberat saat malam hari? Jika ya, bisa jadi Anda menderita carpal tunnel syndrome (sindrom terowongan karpal).

Ini adalah penyakit saraf tepi yang paling banyak ditemukan. Sindrom terowongan karpal lebih sering mengenai wanita daripada pria dengan perbandingan 3:1. Dengan usia berkisar 20-60 tahun, dan lebih sering atau lebih berat mengenai tangan yang dominan beraktivitas.

“Keluhan ini banyak ditemukan pada orang yang melakukan pekerjaan tangan tertentu,” kata dr Dewi Hastuty SpS dari Rumah Sakit Evasari Jakarta. Keluhan yang dirasakan bisa di kedua telapak tangan atau hanya di satu tangan. Nyeri dapat dirasakan dari ujung-ujung jari yang sakit hingga menjalar ke lengan atas, atau sebaliknya.

“Nyeri juga dapat terjadi setelah melakukan gerakan yang berulang di pergelangan tangan atau pergelangan tangan yang menetap pada beberapa saat di posisi tertentu,” tutur Dewi. Ada berbagai penyebab dari sindrom karpal ini, yaitu trauma, infeksi, metabolik (salah satu contohnya pada penderita diabetes mellitus), kehamilan, tumor jinak, dan lain-lain.

Untuk pengobatan penyakit saraf ini bisa dengan terapi farmakologi, yakni melalui pemberian obat-obatan, fisioterapi, hingga operasi. Pada awal keluhan dapat diberikan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan yang dikonsumsi dalam rentang waktu tertentu dan tidak jangka panjang, sampai keluhan atau gejala berkurang.

Selain itu, pengobatan menggunakan obat-obatan tersebut dapat dikombinasikan dengan fisioterapi dengan modalitas yang disesuaikan dengan keluhan penderita. Selain dua jenis pengobatan tersebut yang bisa berjalan bersamaan, penderita juga dapat melakukan terapi nonfarmakologi, yaitu di antaranya dengan membuat pergelangan tangan dalam posisi istirahat dan tidak melakukan aktivitas dengan menggunakan tangan yang sakit.

Caranya dapat dengan melakukan immobilisasi pada pergelangan tangan dengan menggunakan wrist splints (alat terapi pergelangan tangan). Dokter juga dapat melakukan penyuntikan di area terowongan karpal. Dengan penyuntikan ini, reaksi peradangan di area terowongan karpal bisa berkurang dan gejalanya pun berkurang.

http://www.koran-sindo.com/news.php?r=4&n=6&date=2016-05-21

 

Categories: Media Clipping, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *