Perbedaan Antara Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo

10420343_674448982661656_5205803506545289430_nPerbedaan Antara Sakit Kepala Migrain Dan Vertigo – Sakit kepala memang bukan sakit yang benar-benar penyakit yang berbahaya dan sering terjadi pada setiap orang, namun sakit kepala sebenarnya berbeda-beda dan butuh penanganan tersendiri.

Jika penanganannya salah, bisa-bisa sakit kepala anda tidak kunjung sembuh. Salah satu jenis sakit kepala yang sering dialami adalah Migrain dan Vertigo, lantas apakah perbedaan antara Migrain dan Vertigo?

Menurut dr. Evita Rosada, SpS, Migrain merupakan sakit kepala berupa nyeri yang disertai dengan denyut yang sering kali dibarengi dengan rasa mual. Penderita biasanya akan lebih sensitif pada cahaya, suara, dan bau.

Jenis sakit kepala ini seringkali mendera satu sisi kepala, dan terkadang pindah-pindah dari sisi kanan ke sisi kiri dan sebaliknya. Namun terkadang juga menjangkit dua sisi kepala sekaligus.Sampai saat ini sebenarnya penyebab sakit kepala migrain belum terlalu jelas.

Menurut perkiraan adanya hiperaktivitas impuls listrik pada otak mengakibatkan aliran darah dalam otak meningkat. Hal itu mengakibatkan melebarnya pembuluh darah pada otak disertai peradangan yang mengakibatkan terjadinya rasa nyeri, mual. Semakin parah peradangannya, maka semakin berat pula migrainnya.

Menurut pendapat lain, faktor genetika atau keturunan juga salah satu penyebab terjadinya migrain. Beda dengan migrain, vertigo biasanya tidak dibarengi dengan rasa sakit, terkecuali vertigo vestibular, karena penyebab vertigo jenis ini disebabkan hilangnya faktor keseimbangan tubuh yang terdiri dari 3 sistem, yakni:

1. Sistem vestibular, yaitu sistem keseimbangan dalam telinga, gangguannya disertai timbulnya rasa sakit di kepala dan punya dua tipe yang berbeda :

  • tipe sentral, gangguan ini terjadi di antara batang otak hingga otak besar.
  • tipe perifer, gejala yang terjadi di batang otak hingga lairin di bagian dalam telinga.

2. Sistem Visual/Penglihatan

3. Sistem Somato Sensorik atau Proprioseptik atau sistem saraf sumsum tulang belakang, untuk yang ini tidak mengakibatkan sakit kepala.

Vertigo kerap terjadi saat terjadi gangguan di salah satu atau lebih pada sistem keseimbangan di atas. Hingga anda akan merasa dunia seperti  berputar dan goyang layaknya gempa. Hal ini disebabkan unsur penyeimbang tubuh di saraf belakang telinga yang tertekan dan infeksi sistem vestibular perifer atau gangguan telingga bagian dalam.

Pusing ini juga kerap terjadi karena gangguan pada sistem vestibular sentral seperti vestibular, batang otak dan otak kecil. Gangguan keseimbangan ini antara 80% diakibatkan karena terjadinya gangguan di alat penyeimbang pada dalam telinga, sisanya terjadi pada central otak.

 

Categories: Artikel, RS Awal Bros Makassar, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *