Pendalaman Membaca Gambar EKG

Pekanbaru,Tribun – Rumah Sakit Awal Bros, kembali mengadakan Pelatihan Interpretasi Elektrokardiograf (EKG) jantung Dasar kapada Dokter Umum, dalam rangka memberikan pendidikan berkelanjutan kedokteran, di Aula RS Awal Bros, Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, Sabtu (4/6)

Dr. Nurhidayati Endah Puspita Sari selaku Direktur Rs Awal Bros saat berbincang dengan tribun mengatakan, dalam kegiatan pelatihan itu diikuti sebanyak 30 dokter umum yang ada di Pekanbaru khususnya dan di Wilayah Provinsi Riau pada umumnya, dengan tujuan untuk memberikan pendalaman pengetahuan dan keterampilan untuk para dokter terkait penyakit jantung agar lebih paham dalam membaca gambar EKG.

“Dalam pelatihan ini, dokter-dokter yang menjadi narasumber, memberi contoh langsung rekaman jantung kepada para peserta. Selain itu, kegiatan ini berbeda dengan kelas perkuliahan yang membahas banyak hal, kalau untuk pelatihan ini, peserta langsung dibekali pengetahuan inti tentang masalah yang banyak dijumpai di lapangan,” ungkap wanita yang akrab dipanggil Ita ini.

Dikatakannya, EKG adalah suatu pemeriksaan yang dapat mendeteksi penyakit jantung yang sampai saat ini masih merupakan pembunuh nomor satu, dan di Riau sendiri kasus penyakit jantung masih terbilang cukup tinggi, sehingga Rumah sakit perlu menjalin dan membina kerjasama dengan layanan-layanan kesehatan primer (Klinik, Rumah Sakit, Dokter Perusahaan) agar pasien dapat ditatalaksana dengan segera.

“Ini bukan pelatihan yang pertama kami adakan, namun karena animo dan sambutan para peserta cukup tinggi maka kami kembali menggelar pelatihan ini untuk kedua kalinya, Acara pelatihan ini juga terakreditasi IDI 6 SKP dan merupakan pelatihan dasar, sehingga nantinya dapat dilanjutkan dengan ke pelatihan interpretasi lanjutan,” sebutnya

selain itu ungkap ita, pelatihan itu juga dilakukan dalam rangka mempersiapkan dokter agar bisa bertindak cepat untuk memberikan pelayanan terhadap pasien yang mengidap penyakit jantung di masing-masing klinik tempat mereka bekerja, sehinggabbisa mengurangi resiko kematian terhadap Pasien pengidap penyakit jantung. Dimana dari pengalaman RS Awal Bros, sering sekali menerima pasien yang kondisinya sudah darurat jantung, karna telat mendapatkan tindakan cepat.

“Jadi dengan adanya pelatiahan untuk dokter umum seperti ini, bisa melakukan identifikasi awal untuk memberikan tindakan lanjutan, dan juga menghindari hal yang seperti itu terjadi lagi,” ujarnya.

Untuk narasumber yang menjadi pemateri kegiatan turur ita, berasal dari RS Awal Bros yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu Dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP, Dr. Wenny Fitriana Dewi, SpJP dan Dr. Valnetina Astari, SpJP

Di tempat yang sama, Dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP selaku dokter kepala dalam kegiatan pelatihan menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengupdate Ilmu dokter-dokter umum yang ada di Riau, sehingga bisa dijadikan sebagai lini bertama dalam penangan pasien yang memilki masalah jantung.

“Jadi di Riau ini diharapan tidak ada lagi pasiennya yang meninggal mendadak setelah adanya pelatihan ini, dan saya mengharpkan, semoga pelayanan terhadap pasien pengidap penyakit jantung lebih meningkat lagi,” kata Dasdo.

Tarmizi salah seorang peserta pelatihan menuturkan, kegiatan semacam ini memiliki antusias yang tinggi dari kalangan dokter umum, juga merupakan kegiatan yang sangat memberi banyak manfaat terhadap para dokter yang menjadi peserta.

Selain itu sebut Tarmizi, dengan adanya pelatihan seperti itu, secara langsung memberi pengetahuan dan kesempatan bagi para dokter umum untuk bisa juga dalam mambaca gamar EKG.

“Biasanya membaca gambar EKG hanya bisa dilakukan oleh dokter Spesialis jantung, jadi kami sangat berterima kasih kepada RS Awal bros karna sudah memberikan kami kesempatan untuk mengikuti pelatihan seperti ini. Dimana , kami selain mendapatkan banyak pengetahuan kegiatan ini juga tidak bebas biaya,” terang Tarmizi.

 

tribun,Minggu 5 juni 16

Categories: Media Clipping, Promotions, RS Awal Bros Pekanbaru, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *