Bronkitis Kronis Cenderung Menular

Bronkitis Kronis adalah penyakit paru obstruktif kronis yang ditandai dengan batuk berdahak paling sedikit selama tiga bulan berturut-turut setidaknya dalam dua tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh peradangan saluran pernafasan di paru-paru (pipa bronkus) yang mengakibatkan timbulnya peradangan dan produksi lendir yang berlebihan.

Permukaan saluran pernafasan dibentuk oleh sel-sel yang bersilia, strukturnya menyerupai rambut yang memiliki fungsi menyapu untuk membantu menyapu lendir dari saluran pernafasan keluar menjauhi paru-paru. Pada bronkitis kronis, peradangan disebabkan oleh zat kimia yang umumnya ditemukan pada asap rokok yang menyebabkan konstriksi otot polos saluran pernafasan dan meningkatkan produksi lendir. Hal ini menyebabkan terjadinya penyempitan saluran pernafasan, sehingga terjadi kesulitan untuk bernafas. Sebagai tambahan, zat kimia tersebut juga merusak silia, menyebabkannya berhenti untuk berfungsi.

Dengan demikian, lendir berakumulasi di saluran pernafasan paru-paru, menyebabkan terjadinya iritasi dan sumbatan yang dapat mengakibatkan timbulnya batuk menetap dan mengi. Keadaan ini biasanya ditemukan pada perokok berat jangka panjang. Gejala timbul perlahan dan memburuk pada jangka waktu tertentu. Tidak ada yang bisa menyembuhkan bronkitis kronis karena kerusakan yang disebabkan oleh peradangan dari saluran pernafasan bersifat menetap. Pengobatan, seperti bronkodilator dan kortikosteroid, dapat diberikan untuk membantu mengurangi gejala. Berhenti merokok adalah satu-satunya cara untuk mencegah bertambah buruknya keadaan ini.

tribun 20 juni 16

Sumber : Tribun Pekanbaru, Senin 20 Juni 2016 (Narasumber : Dr.Hendra Asputra, SpPD)

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Pekanbaru, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *