Kanker Serviks

dr. bayu SpOG

dr. Bayu Agus Widianto Sp.OG (Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan) RS Awal Bros Bekasi

dr. Bayu Agus Widianto Sp.OG
(Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan) RS Awal Bros Bekasi

Tema: Kanker Serviks

Kanker serviks itu adalah suatu keganasan yang letaknya ada di rongga serviks atau di bagian serviks atau leher rahim. Setiap 1 jam di Indonesia, satu penderita kanker serviks itu meninggal. Jadi itu pentingnya kita mempelajari kanker serviks.
Gejala awal kanker serviks yaitu:
1. Keputihan yang berbau dan sedikit mengganggu
2. Berdarah pada saat melakukan hubungan suami isteri
3. Pendarahan tanpa henti selama berbulan-bulan
Kanker serviks disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Human Papilloma Virus itu macam-macam tapi yang menyebabkan kanker serviks biasanya tipe 16 dan 18 serta ada pula tipe 51 itu yang sudah berbahaya.
Siapa yang beresiko terkena kanker serviks? Setiap wanita beresiko terutama orang-orang yang berhubungan badan terlalu awal. Human Papilloma Virus bagaimana cara bekerjanya? Dia masuk kedalam bagian dari serviks. Dia masuk kedalam bersifat lokal dan dia akan dorman disitu atau diam selama bertahun-tahun dan biasanya sampai 10 tahun. Makanya gejala itu selalu muncul 10 tahun setelah pertama kali terkena HPV.
Gimana cara pencegahannya?
1. Jangan melakukan hubungan seksual terlalu dini
2. Melakukan screening secara rutin seperti Pap smear ataupun hybrid capture atau melihat HPV-nya
Apabila sudah melakukan screening, nanti hasilnya itu berupa klasifikasi mulai dari awal sampai yang lesi pra-kanker hingga kankernya. Apabila masil lesi pra-kanker awal kita bisa melakukan imunisasi. Jadi kesimpulannya:
1. Kanker serviks mengancam semua perempuan
2. Melakukan screening secara rutin
3. Melakukan vaksinasi sebagai pencegahan
Jangan takut, kanker serviks bisa dicegah dan diobati selama belum mencapai stadium akhir. Periksakan kesehatan Anda di RS Awal Bros Bekasi.

Categories: Artikel, RS Awal Bros Bekasi, and Uncategorized.

Comments

  1. Neneng barokah

    Selamat pagi dokter ,apakah penderita kanker serviks stadium B2 dapat lanjut stadiumnya atau dikatakan tambah parah jika mengeluarkan darah haid selama 3 hari seperti darah haid.

    • unik

      Dear Ibu Neneng,

      Stadium B2 bisa lanjut atau naik stadium apabila penanganan tidak baik. Sebaiknya stadium B2 segera melakukan penanganan untuk stadiumnya agar tidak meningkat. B2 sebaiknya dilakukan operasi kemudian dilanjutkan kemoterapi.

      Terimakasih

  2. Hima

    Halo dokter

    Apa kabar? Semoga sehat selalu. Maaf dokter, mungkin saya lebih menanyakan ke waktu istirahat seorang pasien yg mengalami keguguran dalam usia kandungan 4 minggu. Dilihat dr kondisi normal, berapa lama waktu dia bs pulih setelah diluruh/kuret?

    Terima kasih

    • wahyu

      Selamat pagi
      Kami sarankan mengikuti arahan dari dokter yang menangani ibu. Karena kondisi fisik seseorang berbeda-beda perlu konsultasi langsung ke dokter ibu.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *