Waspada Penyakit Jantung: Cegah Dengan Pola Hidup Sehat

Belakangan ini penyakit jantung menjadi sesuatu yang menakutkan bagi masyarakat. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Betapa tidak, penyakit ini merupakan penyakit mematikan nomor dua setelah Stroke. Untuk mengetahui lebih dalam tentang penyakit ini, dua dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru, Dr.Dasdo Antonius Sinaga,SpJP(K) dan Dr.Wenny,SpJP memberikan edukasi terkait pencegahan dan penanganannya.Menurut Dasdo penyakit ini tidak dapat disepelekan. Ketika sudah ada gejalanya segera datangi spesialis atau konsultasi pada ahlinya.

Dikatakannya, penyakit ini tidak kenal umur, namun tetap saja yang paling rentan pada umur yang lebih tua, 5 faktor resiko penyebabnya rentan terkena penyakit ini adalah :

  1. Diabetes Melitus atau penyakit Gula
  2. Merokok
  3. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  4. Kolestrol Tinggi
  5. Riwayat Keluarga

Untuk antisipasi dan pencegahan ada dua, yaitu primer dan sekunder,. Pencegahan primer adalah mencegah orang yang beresiko penyakit jantung supaya tidak terjadi, Sedangkan pencegahan sekunder adalah bagaimana orang yang sudah pernah terkena jangan terjadi komplikasi lebih lanjut.

16 juni 16     sambungan 16juli16

**Selengkapnya baca di RIAU POS, 16 Juli 2016 Hal 1dan 11 (Sumber)

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Pekanbaru, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *