Metode HAL RAR, Atasi Wasir Tanpa Pisau Bedah

Ilustrasi gambar

Ilustrasi gambar

Wasir atau Hemorrhoids dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Karena adanya pembengkakan pembuluh darah pada anus dan dubur, umumnya penyakit ini diderita oleh mereka berusia 50 tahun.

Melansir dari sindonews.com (21/07), penyakit ini juga disebabkan oleh masalah konstipasi, sering mengangkat beban berat, kurangnya serat saat menjalankan program diet. Selain itu obesitas, alergi makanan, dan kecerobohan aktivitas fisik lainnya dapat memicu penyakit ini.

Dr Dumaria Ketty Siagian, SpB, MKes, Spesialis Bedah RS Evasari Awal Bros menjelaskan, wasir bisa diatasi dengan metode HAL RAR (Haemorrhoidal Arteri Ligation, Recto Anal Repair) atau penyembuah wasir tanpa pisau bedah.

“Teknik ini menggunakan anuskop doppler untuk mendeteksi pembuluh darah yang mensupply wasir dan melakukan pengikatan atau penjahitan pada pembuluh (ligasi) darah tersebut. Ligasi pembuluh darah yang mensupply wasir agar wasir menjadi kollaps atau kempes. Selanjutnya disempurnakan dengan melakukan rekontruksi atau perbaikan selaput lendir wasir dengan cara menjahit atau mengikat,” kata Dr Dumaria

Metode HAL RAR merupakan teknologi terkini dalam penyembuhan wasir. Melalui metode ini dokter dapat memberikan terapi dengan mudah dan efektif. Tindakan operasi wasir dengan mesin Hal RAR merupakan tindakan operasi yang one day surgery sehingga pasien tidak perlu lama mendapatkan perawatan dirumah sakit.

“Selain itu pasien dapat segera beraktivitas kembali, tapi harus dalam pengawasan dokter.  Proses pemulihan juga tidak membutuhkan waktu yang lama karena bukan merupakan operasi besar, seperti operasi membuka atau memotong jaringan,” pungkasnya. (sin/ren)

http://www.malangtoday.net/article/page/41277a45c7-Metode_HAL_RAR_Atasi_Wasir_Tanpa_Pisau_Bedah

Categories: Media Clipping, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *