Waspada Kondisi Jantung Sejak Dini

Rumah Sakit Awal Bros Gelar Pemeriksaan EKG Gratis

Penyuluhan Mengenai EKG

Suasana Penyuluhan Tentang Fibrilasi Atrium Mengenai EKG di Rumah Sakit Awal Bros Panam yang diikuti oleh 58 orang peserta.

Rumah Sakit Awal Bros menggelar pemeriksaan EKG Gratis, Sabtu 30 Juli 2016. Pelaksanaan dilakukan baik di Rumah Sakit Awal Bros Panam yang berada di jalan HR Soebrantas, Panam maupun Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru di jalan Sudirman. Tema yang diusung dalam gelaran ini ” satu dari enam stroke terjadi akibat gangguan irama fibirilasi atrium, kenali irama jantung anda dan cegah stroke”. Program ini merupkan hasil kerjasama dengan Perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dan pertama kalinya digelar di Pekanbaru.

Dokter spesialis jantung Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru, dr. Dasdo Antonius Sinaga SpJP FIHA kepada Tribun menuturkan program ini diluncurkan agar masyarakat mengetahui penanganan penyakit jantung lebih awal. Selama ini masyarakat kita hanya tahu dan sadar jika sudah sakit saja, padahal pencegahannya bisa dilakukan lebih awal. Salah satu caranya yakni dengan memeriksa gangugan listrik yang terjadi pada jantung, setelah mendapatkan hasilnya, barulah diketahui bagaimana kondisi jantung kita, “jelas pria yang merupakan anggota PERKI Oekanbaru ini.

Dilanjutkannya, pengetahuan masyarakat akan akibat yang ditimbulkan oleh ganguan listrik di jantung (Fibrilasi Atrium) masih minim. Padahal gangguan ini dapat berakibat fatal pada daya kerja jantung. Seperti, jika terjadi gangguan listrik jantung maka akan terjadi penggumpalan darah di beberapa titik pada tubuh.

Sebagai contohnya, apabila penggumpalan terjadi dibagian otak akan mengakibatkan stroke, sedangkan penggumpalan di jantung bisa mengakibatkan serangan jantung. Pada pemeriksaan yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia ini, Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru melayani 50 orang peserta dengan usia diatas 50 tahun. Dari jumlah tersebut, sebagian besar peserta disarankan agar berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah karena irama jantungnya bermasalah.

Dilain tempat, Rumah Sakit Awal Bros Panam menerima pasien pengecekan EKG sebanyak 58 orang dengan sebagian dari jumlah tersebut juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Rumah Sakit Awal Bros Panam. Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Awal Bros Panam, dr. Lia Valentina, SpJP, FIHA menyampaikan melalui kegiatan ini masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap Fibrilasi Atrium.

Ini merupakan agenda pertama kali yang kita lakukan di Pekanbaru. Melihat antusias peserta dan jumlah nya yang melebihi target kita, diharapkan akan menjadi agenda tahunan, “terangnya. Disampaikannya, melalui pemeriksaan EKG ini para peserta menjadi lebih waspada dan perhatian dengan kondisi jantungnya.

“Kita dari perhimpunan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah akan tetap mendorong program- program seperti ini agar masyarakat mendapatkan literasi dan edukasi tentang jantung. Sehingga masyarakat tidak lagi menyadari penyakitnya secara terlambat, namun sudah mencegahnya sejak dini, tuturnya.

Pantauan Tribun Pekanbaru, puluhan peserta antusias menunggu giliran untuk pemeriksaan EKG. Para peserta program ini didominasi oleh usia renta. Seusai pemeriksaan EKG, peserta akan mendapatkan hasil pemeriksaan dengan saran yang diberikan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Setelah itu, para peserta akan mendapatkan penyuluhan dari dokter Lia Valentina seputar tentang Fibrialisi Atrium.

Sumber : Tribun Pekanbaru

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *