Manfaat Medical Check Up Karyawan Bagi Perusahaan

11147103_682136415226246_6213270660096153661_oKesehatan Kerja merupakan salah satu asset berharga untuk sebuah perusahaan. Hal ini tentu dikarenakan kesehatan pekerja mempengaruhi tingkat produktivitas perusahaan dan tentu masalah keuntungan. Untuk mencapai kesehatan yang maksimal tersebut diperlukanlah deteksi dini dan pencegahan penyakit secara menyeluruh dan kompehensif.
Oleh karena itu salah satu cara agar kesehatan karyawan terjaga adalah dengan melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan secara rutin.
Medical Check Up merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala yang dilakukan 1 tahun sekali untuk mengetahui record kesehatan para pekerja per tahun dan dapat mengetahui lebih dini penyakit yang ditimbulkan akibat kerja.

Lalu, apa saja manfaat dari medical check up atau pemeriksaan kesehatan karyawan bagi perusahaan?

1. Menghemat biaya perusahaan
Jika penyakit-penyakit kerja mengenai karyawan maka perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja berkewajiban memberikan santunan pengobatan pada karyawan tersebut. Dengan mengetahui lebih dini penyakit yang dialami oleh karyawan maka dapat lebih dini penanganannya sehingga dapat menghemat budget perusahaan.

2. Melaksanakan aturan pemerintah
Sesuai aturan dari pemerintah yang dituangkan dalam UU No I tahun 1970, UU No. 21 tahun 2003 yang yang meratifikasi Konvensi ILO No. 81, dan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan secara jelas diatur mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Pemerintah mewajibkan kepada perusahaan untuk memberikan hak bagi karyawan, akan tersedianya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja selama dia menjalankan tugas dan pekerjaannya, sehingga seorang karyawan dapat bekerja maksimal tanpa adanya kekhawatiran pada kesehatan dan keselamatannya.

3. Kinerja perusahaan menjadi optimal
Dengan kondisi kesehatan karyawan yang terkontrol dan bagus, tentunya hal ini meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu medical check up karyawan dijadikan sebagai salah satu syarat pengajuan tender atau penawaran oleh beberapa perusahan dalam dan luar negeri.

4. Mengetahui penyakit lebih dini

Pemeriksaan kesehatan harus dilakukan secara lengkap, dalam arti dari kepala sampai kaki, mulai dari anamnesa sampai pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui penyakit sedini mungkin, mengatasi secepat mungkin gangguan kesehatan tersebut. dan mencegah agar penyakit yang telah dideteksi secara dini tidak berlanjut. Medical check up merupakan proses pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari kekecewaan dan kerugian yang disebabkan oleh gangguan kesehatan yang mendadak.

5. Karyawan lebih merasa terjamin dan nyaman
Kondisi kesehatan karyawan bisa saja berubah dengan adanya perubahan pola hidup dari karyawan sendiri yang tidak sehat serta faktor lingkungan kerja yang tidak seimbang. Oleh karena itu dengan pemeriksanaan kesehatan secara berkala bisa memantau kesehatan  sehingga bisa mengantisipasi jika diketahui gejala sejak dini sehingga karyawan dapat bekerja dengan tenang dan nyaman

6. Meningkatkan loyalitas dan kepuasan karyawan terhadap perusahaan
Dengan jaminan kesehatan dan layanan medical chek up yang diberikan olah perusahaan, tentunya hal ini meningkatkan loyalitas dan kepuasan karyawan. Tingkat keluar masuk karyawan akan lebih rendah, dan karyawan akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Karyawan adalah manusia. Layaknya aset, tanpa faktor karyawan, sehebat apapun perusahaan, tidak bisa berjalan dengan baik. Tentunya agar karyawan dapat menjalankan fungsinya dengan optimal harus didukung dengan kondisi kesehatan yang baik pula.

Semoga bermanfaat.

Untuk informasi seputar Pelayanan Medical Check Up, silahkan menghubungi :

Customer Care : (0411) 456 739 (Office Hour) atau

Divisi Marketing 0821 8853 6650 / 0852 3966 6826 / 0812 4105 6732

 

Categories: Artikel, RS Awal Bros Makassar, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *