Tips Menjaga kesehatan dan Kebersihan Hidung

kata-kata-motivasi-hidup-senyum

Tubuh terdiri dari beberapa organ yang sangat penting untuk menunjang kehidupan kita, dimana masing-masing dari organ tubuh tersebut memiliki tugas dan fungsi sendiri-sendiri. Untuk itulah, maka kita harus selalu berusaha agar organ tubuh tersebut tetap dalam kondisi yang sehat dan prima, agar nantinya mereka dapat melakukan tugasnya dengan baik sehingga kita menjadi pribadi yang sehat. Salah satu organ tubuh yang harus kita jaga adalah hidung, dimana selain untuk bernafas, organ tersebut juga bertindak sebagai indera penciuman bagi kita.

Jika hidung kita mengalami masalah atau gangguan kesehatan, maka organ tersebut tidak akan dapat bekerja dengan baik dan akan berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya seperti masalah pernafasan maupun masalah pada suara Anda. ”

Lalu apa saja yang perlu kita lakukan agar hidung kita tetap dalam kondisi yang sehat? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan guna mendapatkan indera penciuman tersebut tetap sehat, diantaranya adalah :

1. Lindungi hidung dari debu dan polusi lainnya

Saat melakukan aktivitas di tempat-tempat yang banyak mengandung debu maupun pada saat sedang berkendara, hal itu akan menyebabkan hidung Anda menghirup zat-zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Debu serta udara yang telah tercemar yang terhirup akan membuat hidung menjadi kotor. Nah, untuk melindungi organ tersebut, maka sebaiknya Anda menutup hidung atau menggunakan masker selama beraktivitas di tempat-tempat tersebut.

2. Berusaha menghindari sumber alergi

Jika Anda seorang penderita alergi, maka yang perlu dilakukan adalah meminimalkan kontak dengan sumber-sumber alergi seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, asap rokok, maupun sumber lainnya guna mencegah kerusakan pada organ hidung dan sinus Anda.

3. Meningkatkan kualitas udara yang bersih di lingkungan

Ini merupakan salah satu langkah sederhana dalam upaya melindungi hidung dari hal-hal yang dapat merugikan kesehatannya. Adapun hal-hal yang harus dilakukan guna menciptakan udara yang bersih di lingkungan sekitar Anda agar dapat menurunkan resiko indera penciuman Anda tersebut dari gangguan kesehatan antara lain adalah :

  • Mencuci gorden maupun sprei tempat tidur secara rutin (minimal 2 hari sekali)
  • Mengganti karpet lantai misalnya dengan ubin kayu
  • Bersihkan mainan anak-anak dari debu dan kotoran
  • Mengganti bantal secara rutin
  • Jangan biarkan hewan peliharaan seperti kucing singgah di tempat tidur
  • Pergunakan filter udara
  • Lengkapi rumah dengan ventilasi atau jendela agar bisa terjadi sirkulasi udara dalam ruangan

4. Menjaga kelembapan udara dalam ruangan

Udara yang kering akan dapat menyebabkan organ sinus menjadi kering. Akibatnya organ tersebut akan menjadi rentan terinfeksi bakteri berbahaya. Untuk itu, cobalah untuk menjaga dan meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan, terutama di musim dingin. Tingkat kelembaban udara yang baik bagi kesehatan organ sinus maupun kulit adalah sekitar 40 hingga 50 persen.

Kelembaban udara diatas 60% akan meningkatkan pertumbuhan jamur, tungau dan debu. Kelembaban udara yang tepat dan terjaga akan membantu menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit seperti asma maupun peyebab alrgi kulit  lainnya. Anda dapat menggunakan alat seperti humidifier maupun vaporizer untuk hal tersebut.

5. Penuhi asupan cairan dalam tubuh

Memenuhi asupan cairan dalam tubuh akan sangat bermanfaat untuk menjaga agar organ sinus dan hidung agar tetap lembab. Hal tersebut dapat mempromosikan hidung yang lebih sehat dan kurang rentan terhadap serangan infeksi penyakit berbahaya.

6. Hindari sumber infeksi

Jika ada orang-orang yang dekat dengan anda sedang mengalami gangguan kesehatan seperti flu, pilek, maupun infeksi pernafasan. Maka langkah yang terbaik bagi adalah dengan menghindari penyebaran virus pada diri adalah dengan menghindari kontak dekat dengan mereka. Kenapa? Karena pada saat mereka bersin, virus penyakit menular dan bakteri penyebab gangguan-gangguan kesehatan tersebut dapat terbawa udara yang kita hirup. Hal inilah yang akan menyebabkan kita tertular.

7. Membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun

Langkah tepat dan cukup mudah dilakukan untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang hidung dan sinus adalah dengan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Cara mencuci tangan yang benar adalah menggunakan sabun agar kuman penyebab penyakit menjadi mati.

8. Bersihkan kotoran yang menempel di hidung

Saat seseorang terkena serangan flu ataupun pilek, biasanya akan diiringi dengan keluarnya lendir setiap kali bersin. Jika lendir tersebut dibiarkan begitu saja, maka hal tersebut akan mengering dan melekat di hidung. Ini akan membuat hidung terlihat kotor dan jorok. Maka saat bersin, sebaiknya segera membersihkan lendir-lendir tersebut agar hidung selalu bersih. Selain itu, pergunakanlah masker untuk menghindari penyebaran virus pada orang lain.

9. Hindari mengorek hidung dengan tangan

Tangan merupakan salah satu agen yang dapat menghantarkan kuman maupun bakteri penyebab penyakit. Untuk itu sebaiknya, hindari kegiatan mengorek hidung dengan tangan. Selain itu, kegiatan mengorek hidung dengan tangan akan dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada indera penciuman, seperti mimisan. Ada baiknya jika saat hidung \terasa kotor dan gatal, sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan handuk atau kain yang bersih dan basah.

10. Bersihkan hidung dengan air garam

Sebuah study telah menunjukkan bahwa membersihkan hidung dan organ sinus dengan menggunakan larutan garam hangat, dapat membantu menurunkan resiko infeksi maupun masalah kronis lainnya pada organ tersebut. Anda juga dapat menggunakan produk-produk pembersih hidung yang saat ini telah banyak dijual di apotek-apotek.

11. Perhatikan penggunaan obat-obatan

Penggunaan beberapa jenis obat-obatan secara terus menerus dapat menyebabkan masalah pada hidung sebagai efek samping. Masalah tersebut diantaranya adalah hidung tersumbat yang diakibatkan oleh kemacetan rebound. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis lainnya sebelum mengkonsumsi obat-obatan.

Hidung merupakan salah satu organ paling vital yang dimiliki tubuh kita. Jika organ tersebut tidak terawat dengan baik, maka akan sangat mudah baginya untuk terkena paparan polusi, debu, dampak perubahan suhu, maupun infeksi yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan padanya. Untuk itu, sudah sepantasnyalah jika kita selalu menjaga kesehatan organ tersebut yaitu dengan jalan belajar bagaimana cara merawat organ tersebut dengan lebih baik. Karena dengan perwatan yang baik akan dapat membebaskan hidung dari sakit maupun gejala lainnya.

 

JADWAL POLIKLINIK THT RSABM

Dr. Jane Mary C. Rintjap, SpTHT-KL  Jam. 08.00 – 11.00 (Senin, Rabu, Kamis)

Dr. Bernadette Albertine F. T, SpTHT-KL  Jam. 09.00-15.00 (Selasa, Kamis, Sabtu) & 12.00-15.00 (Senin, Rabu, Jumat)

Dr. Aminuddin Azis, SpTHT-KL(K)  Jam. 18.00-21.00 (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat) & 18.00-19.00 (Sabtu)

Dr. Andi Bachri, SpTHT-KL  Jam. 16.00-17.00 (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat)

 

Categories: Artikel, RS Awal Bros Makassar, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *