ESWL: Alternatif Pemecah Batu Ginjal Tanpa Operasi

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Ginjal yang fungsi kerjanya sebagai organ terpenting yang memiliki peranan sebagai penyaring darah, mengeluarkan hasil metabolisme tubuh berupa urine dan mengatur kadar ion-ion di luar sel, seperti ion hidrogen, kalium, fosfat, natrium, dan sebagainya.

Lalu apa yang terjadi jika organ terpenting tersebut mengalami kerusakan? Apabila fungsi kerja organ ginjal mengalami gangguan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada organ ginjal yang diliputi beragam penyakit salah satunya adalah batu ginjal.

Pada umumnya, pengobatan untuk batu ginjal dilakukan dengan cara pembedahan, namun saat ini Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru memiliki alternatif lain dengan tindakan ESWL yaitu Pemecahan Batu Ginjal tanpa Operasi.

Apa itu ESWL?

ESWL yang merupakan singkatan dari Extracorporeal Shock Wave Litotripsy adalah sebuah alat pemecah batu ginjal tanpa operasi. Bagaimana cara kerjanya? ESWL ditembakkan dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut yang dapat memecahkan batu menjadi pecahan yang halus, sehingga pecahan tersebut dapat keluar bersama dengan air seni. Apa saja keunggulan ESWL? Ada beberapa keunggulan ESWL yaitu dapat menghindari operasi terbuka, lebih aman, efektif dan biaya lebih murah, bisa rawat jalan (batu kecil). Tindakan ESWL di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru adalah yang pertama hadir di Pekanbaru.

eswl2

Untuk informasi

Customer Care

08117510599

Categories: Artikel, Promotions, RS Awal Bros Pekanbaru, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *