DBD (Demam Berdarah Dengue) pada Anak

1-dr-rita

Dr. Rita Andriyani Sp. A (Dokter Spesialis Anak RS Awal Bros Bekasi)

Dr. Rita Andriyani Sp. A

(Dokter Spesialis Anak RS Awal Bros Bekasi)

Tema: DBD (Demam Berdarah Dengue) pada Anak

DBD (Demam Berdarah Dengue) pada Anak khususnya disebabkan oleh virus dengue. Virus ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang menggigit satu pasien ke pasien lain. Masa inkubasi DBD ini adalah sekitar 4-6 hari pada saat mulai di gigit sampai terjadi gejala klinis adalah demam tinggi mendadak, tanpa disertai gejala batuk dan pilek kemudian bisa disertai mual, muntah, pendarahan seperti mimisan atau gusi berdarah.

 

Kita mengetahui diagnosis DBD pada anak berdasarkan gejala klinis tadi, pada umumnya disertai dengan pemeriksaan lab setelah hari ketiga demam. Yaitu kita lakukan pemeriksaan darah rutin, hemoglobin, trombosit, leukosit kemudian hematokrit. Dan dinyatakan DBD bila gejala klinis ditambah dengan pemeriksaan lab yang berupa trombosit menurun dibawah seratus ribu.

DBD bisa bergejala ringan dan berat. Pada yang bergejala berat seperti demam tinggi mendadak, anak menggigil kemudian trombositnya sudah sangat menurun dibawah seratus ribu serta anak tidak mau makan dan minum. Pasien sebaiknya dibawa ke dokter untuk segera diperiksa. Dan bila trombosit dibawah seratus ribu, maka dianjurkan untuk rawat inap.

Penanganan DBD yang utama adalah diagnosis yang tepat dan penanganan lebih awal. Hal ini sangat mungkin tertolong. Berdasarkan derajat penyakit DBD memang ada yang dinamakan demam dengue dan demam berdarah. Demam dengue secara klinis dan laboratoris pasien tidak mengalami pembesaran plasma, pembesaran plasma artinya peningkatan hematokrit secara klinis ditandai dengan syok, yaitu tangan dan kaki dingin kemudian urine sedikit, kulitnya lembab itu adalah tanda syok pada DBD. Pada saat itulah masa kritis yang biasanya terjadi pada hari ke 5 dan ke 6.

Bila terjadi demam berdarah dengue, hari ke 5 adalah fase kritis bisa terjadi syok, jadi disinilah hati-hati. Namun bila hanya derajat ringan seperti demam dengue maka hari ke 5 adalah hari penyembuhan. Biasanya nyamuk Aedes Aegypti akan berterbangan disekitar perumahan atau sekolah pada pagi sekitar jam 9-10. Pada saat itu bisa terjadi penularan antara pasien satu ke pasien lain. Sebaiknya anak-anak dibekali dengan lotion dibaluri agar nyamuk juga menghindar. Selain itu dilakukan fogging di lingkungan sekolah dan rumah.

Jadi pesan saya sebagai dokter spesialis anak adalah bila terjadi demam yang tidak kunjung reda sampai hari ketiga, sebaiknya orang tua membawa anaknya ke dokter. Kami dari tim dokter anak RS Awal Bros Bekasi siap melayani dan membantu anak Anda dalam memeriksakan kesehatan khususnya pada penyakit yang dicurigai DBD.

 

Categories: Artikel, Promotions, RS Awal Bros Bekasi, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *