Taklukkan Jantung Koroner

Awal Bros Hospital Group

Layanan Treadmill RS Awal Bros Panam

Layanan Treadmill Rumah Sakit Awal Bros Panam

Rumah Sakit Awal Bros – Jantung merupakan organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Jantung selalu berdetak selama manusia masih hidup dan akan berhenti setelah manusia meninggal dunia. Ketika jantung tidak bisa lagi berfungsi secara normal akan mengakibatkan penyakit yang sangat parah dan aktivitas tidak bisa berjalan seperti biasanya.

Masih segar dalam ingatan bagaimana penyanyi muda berbakat Mike Mohede meninggal dalam keadaan tertidur, atau artis sekaligus politikus muda Adjie Masaid saat setelah berolahraga diketahui mengidap penyakit jantung koroner dan juga diakibatkan fungsi jantung yang tidak bekerja secara optimal.

Secara umum fungsi jantung dan cara kerja jantung yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Hal ini berarti bahwa fungsi jantung manusia adalah sebagai alat atau organ pemompa darah pada manusia. Pada saat itu jantung menyediakan oksigen darah yang cukup dan dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh darih hasil metabolisme (karbondioksida). Sehingga untuk melaksanakan fungsi tersebut jantung mengumpulkan darah yang kekurangan oksigen dari seluruh tubuh dan selanjutnya memompanya ke paru-paru, dengan cara darah pada jantung mengambil oksigen dan membuang karbondioksida. Pada jantung darah yang kaya akan oksigen yang berasal dari paru-paru dipompa ke jaringan seluruh tubuh manusia, bila proses diatas terganggu akibat adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah dapat menyebabkan kematian secara mendadak atau sering dikenal sebagai penyakit jantung koroner ( PJK )

Kurangnya pasokan darah karena penyempitan arteri koroner mengakibatkan nyeri dada yang disebut angina, yang biasanya terjadi saat beraktivitas fisik atau mengalami stres. Bila darah tidak mengalir sama sekali karena arteri koroner tersumbat, penderita dapat mengalami serangan jantung yang mematikan. Serangan jantung tersebut dapat terjadi kapan saja, bahkan ketika Anda sedang beristirahat layaknya pelantun lagu “ Semua Untuk Cinta “ Mike Mohede.

Penyakit jantung koroner juga dapat menyebabkan daya pompa jantung melemah sehingga darah tidak beredar sempurna ke seluruh tubuh (gagal jantung). Penderita gagal jantung akan sulit bernafas karena paru-parunya dipenuhi cairan, merasa sangat lelah, dan bengkak-bengkak di kaki dan persendian.

Penyebab penyakit jantung koroner adalah endapan lemak pada dinding arteri koroner, yang terdiri dari kolesterol dan zat buangan lainnya. Untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner, Anda harus menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Gejala Penyakit Jantung

Ciri-ciri awal orang yang mengidap penyakit jantung sangatlah bervariasi, tergantung dari penyakit jantung apa yang dialami. Nyeri dada, seperti tertusuk, bisa saja merupakan ciri- ciri penyakit jantung. Namun, tidak di semua sakit tempat di area dada dapat dianggap sebagai ciri-ciri penyakit jantung. Tentunya ada tempat tertentu dan sering kali tidak hanya rasa seperti tertusuk. Bisa juga gejalanya disertai dengan rasa yang menjalar ke lengan, punggung, disertai keringat dingin, rasa berdebar-debar seperti tertekan benda berat, dan beberapa gejala lainnya.

Pada penyakit jantung yang disebabkan gagal jantung tentu cirinya berbeda, bahkan bisa jadi tidak ada nyeri dada sama sekali dan dapat didominasi oleh rasa sesak napas, tidur tidak bisa telentang, kaki bengkak, tidak kuat berjalan jauh, dan masih banyak lagi.

Secara global inilah beberapa ciri-ciri penyakit jantung :

  • Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada.
  • Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih).
  • Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin
  • Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung
  • Merasa seperti sakit maag, padahal sebelumnya tidak pernah menderita gangguan lambung
  • Berkeringat sangat banyak pada waktu malam
  • Dada dan bagian punggung terasa tertekan sehingga sulit bernafas
  • Lengan bagian dalam dari ketiak sampai siku-2, bahkan
  • Menjalar sampai ke jari-jari, terasa kram atau kesemutan
  • Rahang terasa kaku dan kram

Untuk mengetahui penyebab penyakit jantung secara pasti, tentu harus ada evaluasi terlebih dahulu sebelum bisa mengatakan Anda memiliki kelainan jantung. Jika anda mempunyai ciri-ciri penyakit jantung  seperti diatas disarankan untuk menemui dokter yang Anda percaya karena sebaiknya pemeriksaan kondisi Anda dilakukan menyeluruh.

Bedah Jantung

Bedah Jantung

Di Rumah Sakit Awal Bros khususnya Awal Bros Pekanbaru dan Awal Bros Panam sudah dilengkapi dengan pemeriksaan yang mencegah agar serangan jantung koroner tidak terjadi, Fungsi pemeriksaan jantung ini adalah untuk menemukan akar masalah, tingkat keparahan, lokasi kerusakan atau masalah tersebut, indikasi-indikasi yang berkaitan dengan masalah serta beberapa komplikasi yang muncul menyertai kondisi utama.

Untuk memastikan kondisi akurat dari pasien dan menentukan prosedur mana yang paling cocok untuk dijalankan sebagai terapi, maka rangkaian pemeriksaaan jantung ini adalah jawaban terbaiknya. Adapun prosedur pemeriksaan jantung tersebut antara lain:

  • Pemeriksaan Fisik

Biasanya pasien akan menjalani sesi wawancara untuk mendapatkan informasi jelas mengenai sejak kapan keluhan muncul, gejala-gejala apa yang dirasakan, sesering apa rasa nyeri dada dan sesak nafas ini muncul, tepat di mana rasa paling nyeri terasa dan lain sebagainya. Hasil wawancara ini akan membantu dokter menemukan riwayat penyakit dan memberikan beberapa asumsi kemungkinan.

  • Elektrokardiografi (EKG)

Teknik pemeriksaan jantung satu ini memanfaatkan jaringan listrik kecil untuk melihat keteraturan detak jantung, kestabilan detak jantung, dan kekuatan dari detak jantung pasien. Prosedur pemeriksaan jantung ini menggunakan rangkaian alat tertentu bernama Elektrokardiogram dengan menyetrumkan aliran kecil listrik kepada pasien pada titik-titik tertentu. Di sini akan diketahui pula kondisi-kondisi sebelum dan sesudah serangan serta melihat riwayat kerusakan pada jantung.

  • Uji Jantung Aktif/ Treadmill

Prosedur ini juga dikenal dengan istilah prosedur pemerikasaan latih jantung. Disebut demikian karena pasien akan diminta menjalankan beberapa aktivitas terlebih dulu sampai detak jantung menjadi lebih cepat dan kuat. Pada fase ini, pasien akan diperiksa dengan perangkat rekam jantung atau dengan prosedur EKG untuk melihat kondisi jantung tahap lanjut. Pemeriksaan di saat jantung aktif dianggap memberikan data yang lebih akurat.

  • Ekokardiografi

Dengan alat khusus yang menghasilkan sejenis suara Ultrasonik, maka akan diperoleh beberapa data terkait kondisi jantung pasien. Data yang diperoleh berasal dari hasil pengolahan informasi yang didapat dari sistem pantulan dari gelombang suara dalam jantung. Beberapa orang mengatakan prosedur ini tak ubahnya dengan sistem USG jantung. Prosedur pemeriksaan jantung ini akan menggambarkan bentuk jantung, beberapa ketidakwajaran yang muncul secara visual, kondisi aliran darah, jumlah darah, sumbatan dan kerusakan pada otot jantung serta pembuluh darah arteri.

  • Angiografi

Prosedur pemeriksaan jantung satu ini terfokus pada munculnya penyumbatan pada pembuluh darah arteri jantung. Prosedur ini membutuhkan sedikit pembedahan kecil untuk memasukan kateter melalui pembuluh darah pada pergelangan tangan atau kaki. Setelah kateter mencapai area jantung, disuntikan sejenis pewarna khusus yang aman untuk membuat pembuluh darah dapat terbaca oleh pembacaan sinar X-ray. Dari sinilah nanti akan diketahui lokasi terjadinya penyumbatan pembuluh darah melalui hasil cetak foto sinar X-ray atau kerap dikenal dengan rontgen jantung.

  • Angioskopi

Prosedur ini selintas memang menyerupai prosedur angiografi, karena juga menggunakan prosedur kateter yang dimasukan melalui pembuluh darah pada pergelangan tangan atau kaki. Bedanya, pada prosedur ini, di ujung kateter sengaja dipasangkan kamera mikro untuk merekam atau melihat langsung secara visual bentuk penyempitan pada pembuluh darah. Prosedur ini akan membantu merencanakan tindakan operasi dengan lebih optimal dan efektif.

Demikian tadi 6 prosedur pemeriksaan jantung yang biasa dilalui pasien di Awal Bros Hospital Group  sebelum proses tindakan operasi pembedahan dilakukan. Hasil dari pemeriksaan jantung inilah nanti yang akan menjadi acuan dalam pengobatan pasien.

Operasi Pasang Ring Jantung

Serangan penyakit ini membutuhkan penanganan yang cukup serius agar pasiennya mendapatkan solusi pengobatan dari penyakit mematikan ini. Pasang ring jantung umumnya lebih dikenal dengan nama pasang stent atau cincin pada organ jantung. Perlu diketahui bahwa pasang ring jantung merupakan sebuah prosedur untuk memperlebar pembuluh darah koroner pada bagian jantung yang tersumbat dan menyempit. Memasang ring jantung ini dimaksudkan untuk membuka pembuluh darah koroner dalam jantung supaya jantung dapat kembali menerima asupan darah yang cukup. Nah, untuk mengetahui tentang operasi ring di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dan Rumah Sakit Awal Bros Panam yang dilakukan pada jantung dengan lengkap maka simak pembahasan selengkapnya berikut ini : 

Kondisi Ring Jantung Perlu Dipasang 

Bagi yang belum mengetahui hal ini, tentunya anda ingin tahu bukan dalam kondisi apa dan bagaimana ring jantung ini perlu dipasang. Nah, menurut pada dokter spesialis jantung, ring jantung dibutuhkan saat seseorang mulai terdeteksi mengidap penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini umumnya terjadi karena pembuluh darah koroner pada bagian jantung ini menyempit sehingga seluruh kerja organ-organ tubuh yang lainnya pun ikut terhambat karena aliran darah sebagai bahan vital yang dialirkan keseluruh tubuh yang membutuhkan asupannya tersebut melewati pembuluh darah koroner.
 
Oleh karena itu, apabila seseorang mengalami penyempitan dan penyumbatan sebagai akibat dari lemak yang menumpuk serta kalsium yang mengendap pada jantung akan sulit untuk mendapatkan pasokan darah dan oksigen untuk dialirkan. Dan yang lebih fatal lagi, hal ini dapat menyebabkan otot-otot jantung mengalami kematian sehingga berjung dengan kematian seseorang.

Prosedur Dalam Memasang Ring Jantung

Pasang ring jantung diperlukan saat pembuluh darah koroner menyempit, dalam keadaan demikian maka dibutuhkan sebuah penyanggah supaya pembuluh darah terbuka dan aliran darah serta oksigen dapat lancar mengalir ke otot jantung. Oleh karenanya ring jantung diperlukan untuk membuka pembuluh darah supaya lebih lebar lagi.

Prosedur memperlebar pembuluh darah koroner yang mengalami penyempitan ini dilakukan dengan melakukan suntikan anestesi pada pangkal paha. Kemudian dokter spesialis bedah jantung melakukan langkah selanjutnya dengan memasukkan selang kecil atau dalam bahasa medisnya disebut kateter ke dalam lengan atau tungkai. Didukung dengan bantuan gambar pada layar monitor, dokter mengarahkan selang kecil tersebut pada arah arteri yang sedang menyempit atau mengalami penyumbatan didalam jantung. 

Setelah itu menginjak pada langkah selanjutnya dengan disediakannya kateter kedua yang memiliki ukuran lebih serta dilengkapi balon dan ring jantung atau stent. Lalu kateter yang kedua tersebut disambungkan pada kateter pertama yang sudah dimasukkan ke dalam pembuluh darah itu. Ujung pada kateter kedua ini haruslah sampai kedalam sumbatan arteri koroner hingga balon pada kateter kedua tersebut bisa ditiupkan dan melakukan perlebaran pada bagian yang tersumbat atau menyempit didalam arteri koroner. Cincin atau ring jantung yang dipasang didalam arteri koroner ini dibuat dari paduan dan jalinan logam yang kecil dengan bentuk tabung dan berguna sebagai penyanggah supaya pembuluh darah tetap terbuka sehingga tidak mengalami penyumbatan dalam memasok darah serta oksigen kedalam otot jantung. 

Perawatan Pasca Operasi Ring Jantung

Perawatan setelah operasi pasang ring jantung ini sangat perlu dilakukan untuk mendukung proses pemulihannya. Sebagai contoh seperti terapi, kontrol serta mengkonsumsi jenis-jenis makanan pendukung yang dianjurkan dalam perawatan pasca operasi. Para pasien dianjurkan agar memiliki pola makan yang seimbang juga menghindari asupan makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Makanan yang berkolesterol tersebut seperti jeroan atau organ dalam hewan, kambing, sapi, kuning telur, susu dan masih banyak lagi.

Selain itu wajib pula dihindari makanan-makanan yang mengandung natrium dan trigleserida seperti margarin, garam, gula, santan dan minyak goreng. Sedangkan makanan yang menjadi anjuran adalah buah-buahan, minyak zaitun, minyak salmon, sayuran dan gandum. Hal lain yang diperlukan adalah mengikuti arahan dari dokter tentang terapi dan kontrol yang diperlukan. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kondisi jantung yang berkesinambungan dan untuk dapat mengetahuinya dengan pasti, sebaiknya pasien tersebut melakukan USG secara rutin pada jantung. Dengan demikian pasien akan mengetahui dan mengikuti anjuran yang aman dengan tujuan segera memiliki keadaan yang membaik.

Kisaran Biaya pasang Ring Jantung

Hal pertama yang sering terfikir dalam benak pasien maupun keluarga pasien yang akan melakukan operasi pasang ring jantung ini biasanya adalah berapa biaya operasi pasangnya. Nah, hal ini tentu saja penting untuk dipertimbangkan sebagai persiapan utama terlaksanya sebuah operasi. Biaya pasang operasi ring jantung ini tergantung dari kualitas ring jantung yang dimiliki. Ring jantung yang memiliki kualitas tinggi bisa bertahan sampai 7 tahun dan bebas dari serangan jantung. Kisaran harga ringnya adalah antara 45-75 juta rupiah.

Namun kisaran tersebut belum termasuk biaya kateter, perawatan dan penginapan serta dokter spesialisnya. Dengan seluruh rincian yang ada maka kisaran biayanya sekitar 150-250 juta rupiah. Perlu diketahui jika didalam jantung terdapat lebih dari satu penyumbatan pembuluh darah, maka ring jantung yang dibutuhkan sebanyak pembuluh darah yang mengalami penyumbatan. Bagi sebagian kalangan, kisaran harga tersebut sangatlah mahal namun dengan penjaminan baik oleh perusahaan dan asuransi yang sudah bekerjasama dengan Awal Bros Hospital Group atau dengan system JKN hal ini dapat teratasi.

Efek Samping Pemasangan Ring Jantung

Selain biaya yang sangat mahal, pasang ring jantung juga memiliki resiko dan efek samping seperti beberapa contoh yaitu tekanan darah yang menurun, terjadinya pembekuan darah serta reaksi tertentu pada bahan yang dipakai ketika memasang ring. Resiko yang paling besar kedua adalah apabila stent atau ring tersebut pecah disebabkan oleh terjadinya penyumbatan keras.

Awal Bros Hospital Grup telah memiliki akreditasi baik Nasional dan Internasional, dan dilengkapi oleh tenaga Medis yang berpengalaman serta kecanggihan alat, hal ini dilakukan untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit “lifestyle” dimana penyakit ini diakibatkan oleh perubahan gaya hidup dan kematian mendadak akibat PJK dapat dicegah dengan serangkaian pemeriksaan oleh Tenaga Ahli Awal Bros yang berpengalaman, hubungi Customer care untuk keterangan lebih lanjut.

Sumber : riaupos

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *