Tambah Fasilitas, Operasi Jantung Rahma Bisa Dilakukan di RS Awal Bros Batam

batampos.co.id -Kondisi kesehatan kembar siam Rahma-Rahmi yang berhasil dipisahkan dalam operasi yang melibatkan puluhan dokter di Rumah Sakit AwalBros (RSAB) beberapa bulan lalu semakin membaik.

Keduanya kini sudah dalam perawatan kedua orangtuanya. Namun khusus untuk Rahma, masih membutuhkan operasi lanjutan. Salah satunya operasi jantung.

Direktur RS Awal Bros, dr Widya Putri MARS, mengatakan, rencana awal Rahma akan menjalani operasi jatung di luar Batam (RS Dr Sutomo Suarabaya). Namun, pihaknya berharap putri pasangan Junaidi Bakri Ratulolly dan Warmin Baharudin, bisa dioperasi di RSAB.

Pihaknya kini telah melakukan sejumlah pembenahan dari sisi sumber daya manusia (SDM), peralatan, dan fasilitas rumah sakit.

“Waktu (operasi)-nya kurang lebih dua bulan lagi. Semoga sampai saat itu tiba, kami sudah siap,” kata Direktur RSAB Batam, dr Widya Putri MARS.

Saat ini, RSAB tengah menyekolahkan beberapa perawatnya ke RSUD dr Soetomo di Surabaya. Juga mencari Dokter Spesialis Anestesi Khusus Jantung. Mereka juga tengah memenuhi pengadaan mesin anestesi khusus.

“Mungkin kalau dokter, kami kerjasama lagi dengan RSUD dr Soetomo,” ujarnya.

Memasuki pertengahan tahun 2016 ini, RSAB mengusung visi menjadi rumah sakit unggulan di bidang kardiovaskular. Bidang kardiovaskular berarti bidang-bidang penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Seperti misalnya, stroke atau penyakit jantung karena hipertensi, juga kelainan jantung bawaan.

Dr Widya mengatakan, perubahan visi ini dilakukan lantaran banyaknya kasus hipertensi (tekanan darah tinggi) yang mereka tangani. Kasus itu kemudian berujung ke penyakit-penyakit jantung. Seperti, stroke dan penipisan pembuluh darah.

“Kami tentu mengikuti perkembangan penyakit dengan pelayanan rumah sakit,” ujarnya.

Hingga saat ini, RSAB telah memiliki Dokter Bedah Thorax-Kardiovascular. Juga sudah memiliki mesin kateterisasi dan USG jantung. Mereka juga telah membenahi kamar operasi khusus jantung.

Dengan pembenahan tersebut, dr Widya berharap, kelak RSAB Batam dapat menangani operasi-operasi jantung yang lebih berat. Selama ini, RSAB selalu merujuk penanganan kasus-kasus berat kardiovaskular yang ada ke RS Harapan Kita.

“Sejauh ini, kami sudah bisa menangani sumbatan pada pembuluh darah jantung dengan pemasangan cincin oleh dr Afdalun dan dr Stanley. Harapannya, kalau peralatan sudah lengkap dan SDM terpenuhi, operasi-operasi jantung lain bisa dilakukan di sini,” tuturnya. (ceu)

Sumber: http://batampos.co.id/2016/10/20/tambah-fasilitas-operasi-jantung-rahma-dilakukan-rsab/

Nur Rahma Fairuz Maknuniyyah (kiri) dan Nur Rahmi Fahira Nahlannisa (kanan) berfoto bersama di ranjang perawatan Ruang Peristi di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB). Ini ruang yang sama yang mereka gunakan sebelum dipisahkan. Keduanya dipindahkan dari ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) setelah dokter menyatakan kondisi keduanya stabil.

Nur Rahma Fairuz Maknuniyyah (kiri) dan Nur Rahmi Fahira Nahlannisa (kanan) berfoto bersama di ranjang perawatan Ruang Peristi di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB). Ini ruang yang sama yang mereka gunakan sebelum dipisahkan. Keduanya dipindahkan dari ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) setelah dokter menyatakan kondisi keduanya stabil.

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Batam, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *