Yuk, Hitung Usia Kehamilan!

Pregnancyyy Newwwww.indd

Yuk, Hitung Usia Kehamilan! – dr. Ita Rosita, SpOG (Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan) RS Awal Bros Bekasi

Tak semua BuMil bisa menghitung usia kehamilannya. Apalagi bila ini kehamilan pertamanya. Meski terkesan sepele, namun mengetahui usia kehamilan merupakan hal penting bagi Moms untuk menjalani masa kehamilannya. Yuk Moms, hitung sendiri usia kehamilan. Ingin tahu caranya, simak penjelasan dr. Ita Rosita, SpOG dari RS Awal Bros Bekasi yang diterbitkan oleh Tabloid Mom & Kiddie (Edisi 4 TH XI. 6-19 Oktober 2016).

Manfaat Mengetahui Usia Kehamilan

Mungkin bagi sebagian BuMil usia kehamilan tak sebera perlu dipikirkan. Tinggal hitung empat minggu ke depan, artinya usia kandungan ANda sudah bertambah satu bulan. Padahal dengan mengetahui usia kehamilan ada beberapa manfaat bagi diri Anda dan janin, seperti:

  1. Memantau Perkembangan Janin

Menghitung usia kehamimlan tidak hanya berguna untuk mengetahui umur janin. Lebih dari itu, ada banyak manfaat yang bisa Moms dapatkan bila rutin menghitung usia kehamilan. Salah satunya yakni Moms dapat memantau perkembangan janin jika ada yang tidak normal. Setelah Moms mengetahui usia janin, tentunya Moms juga tahu perkembangan apa saja yang sudah bisa dilakukan oleh janin. Misalnya, saat usia kehamilan memasuki trimester kedua, janin sudah bisa bergerak. Selain itu, Moms bisa mengetahui lebih cepat tanda-tanda normal atau tidak normal terkait perkembangan janin yang dikandung.

2.Persiapan Cuti Melahirkan

Jika tahu usia kehamimlan, bagi Moms bekerja bisa memperkirakan untuk pengajuan cuti melahirkan jauh-jauh hari. Sehingga Moms akan lebih tenang dan nyaman saat proses melahirkan nanti karena tidk diganggu oleh tumpukan pekerjaan kantor. Sebaiknya, Moms mengajukan cuti melahirkan satu minggu sebelum hari perkiraan lahir (HPL).

3. Belanja Peralatan Bayi

Ketika kehamilan sudah memasuki usia delapan bulan, Moms sudah bisa mencicil untuk membeli perlengkapan bayi,

Utamakan Hitungan Per Minggu

Tak sedikit Moms bingung dalam menentukkan usia kehailan yaitu berdasarkan minggu atau bulan. Menurut dr. Ita, menghitung usia kehamilan dalam minggu dapat memberikan yang terbaik untuk si buah hati sesuai dengan usianya. Bahkan, bila penasaran dengan perkembangan janin tiap minggunya, Moms dapat menaru tahu dengan membaca buku tahapan perkembangan janin. Perlu diketahui, usia kehamilan dikatakan cukup bulan pun bila berada pada usia 37 minggu sampai 40 minggu.

 

 

 

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Bekasi, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *