Direktur RS Awal Bros Pekanbaru : Terima Kasih Pada Dokter Indonesia

Terima Kasih Pada Dokter Indonesia
Selamat Hari Dokter
Direktur RS Awal Bros Pekanbaru dr Nurhidayati Endah Puspita Sari MARS

Saat ini kiprah dokter di Riau pada umumnya dan Pekanbaru pada khususnya cukup terasa bagi kemajuan pelayanan kesehatan di provinsi Riau. Keahlian para dokter yang berada di Provinsi Riau sudah cukup mumpuni dan tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya dan sebagainya. Hari Dokter kali ini diharapkan dapat menjadi momen refleksi bagi seluruh dokter di tanah air. Seyogyanya para dokter diharapkan untuk terus mengembangkan ilmu dan keterampilannya di bidang medis, serta selalu menjunjung tinggi keselamatan pasien dan mempertahankan sikap etis dan profesional. Di RS Awal Bros Pekanbaru sendiri, tidak ada hal khusus dilakukan dalam rangka memperingati Hari Dokter Nasional yang diperingati hari ini, Senin (24/10). Namun demikian manajemen rumah sakit Awal Bros Pekanbaru memberikan ucapan terimakasih atas seluruh pengabdian para dokter melalui piagam penghargaan kepada seluruh dokter yang bekerja di sana. Pada hari ini juga para dokter yang bekerja disana akan memberikan bukti kasih pada pasien yang dilayaninya pada hari itu secara simbolik melalui pemberian souvenir bertemakan awal bros.
‘’Kami dari manajemen Rumah sakit Awal Bros menyampaikan penghargaan kami untuk para dokter yang sudah berjasa pada rumah sakit terutama kepada pasien yang dilayaninya. Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar2nya dan berharap para dokter melakukan refleksi kembali terhadap hal2 yang sudah dilakukan utk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Hari ini merupakan momentum bagi dokter untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada pasien terutama seluruh lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan status, golongan, maupun suku,’’ ujar Direktur RS Awal Bros Pekanbaru dr Nurhidayati Endah Puspita Sari MARS, Jumat (21/10).
Tidak bisa dipungkiri, saat ini semakin sering mencuat ke permukaan adanya dugaan mal praktik yang dilakukan oleh dokter di Indonesia. Namun sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi bila para dokter selalu melakukan komunikasi dan edukasi kepada pasien dengan lengkap sehingga informasi yang diberikannya sampai dan tidak menimbulkan masalah baru.
Pada prinsipnya apapun penyakit pasien, dokter tidak menjanjikan kesembuhan tetapi memberikan upaya terbaik bagi kesembuhan pasien. Tidak ada dokter yang mau penyakit pasiennya tidak sembuh-sembuh,’’ sebutnya.
Untuk peningkatan kualitas SDMnya, Rumah Sakit Awal Bros sendiri membuat beberapa program untuk para dokter. Mulai dari pertemuan pagi setiap dokter untuk membahas diagnosis, terapi dan rencana terapi dokter kepada pasien, pembahasan kasus sulit, jurnal reading yang scr keseluruhan diharapkan membuat para dokter memiliki pengetahuan yang selalu uptodate. Selain itu untuk menambah kemampuan dokter berkomunikasi maka para dokter diberikan Salah satunya melalui pelatihan service excellent setiap tahun.
‘’selain itu Dokter yang punya pasien banyak akan kurang berinteraksi dengan pasien. Dan solusinya dari manajemen adalah dengan menambah jumlah dokter. Sinergi inilah yang sangat diperlukan antara tim medis dengan manajemen.
Saat ini rumah sakit Awal Bros pekanbaru sudah berada dalam grafik yang stabil, namun jika manajemen tidak memberikan hal yang berbeda dengan rumah sakit lainnya maka rumah sakit ini akan ditinggalkan pasien juga. Oleh karena itu rs Awal Bros pekanbaru selalu membuat inovasi-inovasi baru yang berbeda yang tidak ada di rumah sakit lain dan memberikan pelayanan medis yang maksimal sehingga bisa meningkatkan mutu pelayanan menjadi prima.
‘’Kelemahan dokter adalah komunikasi dan informasi. Masih banyak dokter yang mengganggap lebih tinggi dari pasien. Kita harus berubah, memperbaiki cara melayani pasien, memberikan informasi edukasi terbaik dan memperlakukan pasien sebagai mitra,’’ terangnya.(hen/adv)

Direktur RS Awal Bros Pekanbaru
dr Nurhidayati Endah Puspita Sari MARS
Koordinasi dan Monitoring
Sebagai seorang dokter, dan memegang jabatan penting di rumah sakit besar, dr Nurhidayati Endah Puspita Sari MARS harus pandai dalam membagi waktu antara keluarga, pasien dan pekerjaan. Saat bekerja, kita harus fokus dengan keluarga dan saat berangkat ke kantor kita harus melihat keperluan keluarga sudah terselesaikan terlebih dahulu. Sebagai seorang ibu dan istri selalu berupaya berinteraksi dengan anak dan suami setiap hari.
‘’Apalagi suami dokter spesialis bedah. Kami perlu mengupayakan adanya interaksi dengan keluarga seoptimal mungkin. Hal ini karena keluarga merupakan hal yang paling penting di dalam hidup ini. Walaupun secara pekerjaan seorang dokter harus lebih mementingkan pasien dibanding keluarga,’’ katanya.
Dalam memimpin RS Awal Bros, Nurhidayati banyak belajar bagaimana memberdayakan rekan-rekan sejawat yang dipimpinnya untuk berjalan sesuai visi dan misi perusahaan. Koordinasi dan monitoring selalu dilakukan. ‘’Memberdayakan staf secara internal untuk memberikan pelayanan lebih baik dan secara eksternal berupaya lebih dekat dengan klien dan berkomunikasi dengan mitra baik klinik-klinik sekitar, perusahaan, asuransi bahkan komunitas,’’ sebutnya.
Seiring dengan usianya yang ke -18  RS Awal Bros Pekanbaru berupaya memberikan inovasi-inovasi baru yang memenuhi kebutuhan masyarakat serta senantiasa mengharmonisasikan pelayanan dengan kenyamanan pasien. Artinya pasien tetap nyaman namun upaya rumah sakit dalam memberikan upaya kesembuhan tidak terganggu.
Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru sendiri saat ini tidak hanya berfokus melayani orang sakit tapi juga orang sehat yang ingin bugar. Karena itu di sini terdapat lifestyle center dan sebagainya. Bahkan dalam waktu dekat ini akan launching sleep clinic yang diharapkan menjadi solusi untuk memperbaiki kualitas tidur.(hen/adv)
/////

dr Desi Kamadewi SpA (Spesialis Anak)
Yang Utama Adalah Pelayanan
Menjadi seorang dokter konsepnya memberikan pelayanan Jangan pernah membeda-bedakan antara satu pasien dengan pasien lainnya. Pada prinsipnya dokter itu melayani dengan hati. Karena menjadi dokter merupakan panggilan nurani itu menyenangkan, bukan karena disuruh.
Walaupun ini panggilan hati nurani yang paling berat dilakukan adalah meninggalkan keluarga apalagi harus melibatkan keluarga dalam pekerjaan,’’ ujar Desi.
RS Awal Bros memperhatikan kenyamanan dokter. Sehingga banyak dokter-dokter di sana bekerja sudah lebih dari 10 tahun. Hal ini dikarenakan komunikasi dengan manajemen dan mereka bisa tahu apa keingiann dokter. Apalagi setiap pagi selalu dilakukan briefing membahas pelayanan, pasien. ‘’Sangat dekat antara dokter dengan manajemen. Makanya saya sangat lama di sini karena siapapun pimpinannya, kita bisa menyesuaikan diri. Komunikasi perlu dijaga dengan pasien. Hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kompetensi para dokter apalagi sekarang era MEA,’’ terang Desi.
Hal yang paling utama yang dilakukan adalah pelayanan. Dan ini menjadi daya tarik nomor satu. Dokternya sangat komunikatif. Kita harus meningkatkan pelayananan selain fasilitas dan peralatan lengkap dan moderen, serta ketersediaan obat-obatan.
//////
dr Yasmi SpA (spesialis Anak)
Ingin Semua Anak Indonesia Sehat
Sebagai dokter spesialis anak di RS Awal Bros, dr Yasmi SpA ingin seluruh anak Indonesia sehat. Program pemerintah memberikan imunisasi kepada balita sebaiknya diikuti karena dengan mendapat suntikan imunisasi dapat mencegah penyakit-penyakit berat. Mari berimunisasi.
Sekarang ini sudah ada vaksin baru yakni vaksin demam berdarah buat anak di atas usia 9 tahun.
///////////////
dr Poerniati Koes Adrijani SpPD FINASIM (spesialis penyakit dalam)
Jadi Dokter Itu Ibadah
Prinsipnya pekerjaan dokter itu ibadah. Kita harus lebih banyak sabar dan ridho. Setiap hari kita menghadapi pasien berbeda-beda dengan kondisi yang berbeda-beda pula. Karena itu dokter dituntut lebih bersabar. Terkadang merasa pelayanan yang diberikan sudah maksimal, namun bagi pasien masih dianggap kurang maksimal.
Sebagai seorang profesional, saya memberikan penyampaian informasi langsung kepada pasien namun harus hati-hati karena tidak semua pasien dapat menyerap informasi yang saya berikan dengan baik. Dan manajemen RS Awal Bros, selama ini sudah sangat care dengan para dokter, ada kedekatan antara tim medis dengan manajemen, ada kenyamanan. Itulah yang membuat kita betah bekerja di sini.
/////////
dr Hj Haliliarti SpOG (spesialis kandungan)
Sudah Panggilan Hati
Menjadi seorang dokter sudah menjadi panggilan hati bagi dr Hj Haliliarti SpOG. Karena itu dalam menjalankan tugasnya sebagai dokter, dia menjalaninya seperti air mengalir dan selalu bersyukur dalam segala hal.
Untuk bisa menjadikan RS Awal Bros sebagai rumah sakit rujukan, diperlukan keterbukaan. Hubungan antara manajemen dengan dokter harus terbuka. Selama ini manajemen sudah sangat mengayomi profesi dokter yang bekerja di rumah sakit ini serta peralatannya selalu difasilitasi.
Inginnya RS Awal Bros ramah kepada pasien karena yang datang ke rumah sakit untuk mendapatkan kesembuhan, layani pasien dengan tulus sehingga apa yang diinginkan bisa tercapai. Yang terpenting ketulusan dalam melayani mulai dari menjejakkan kaki di pintu rumah sakit hingga pasien kembali pulang ke rumah.(hen/adv)

24okt16

Sumber : Riau Pos, 24 Okt 2016

Categories: Media Clipping, RS Awal Bros Pekanbaru, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *