Baby Blues Syndrome

baby-blues
Banyak dari kita sering mendengar istilah baby blues syndrome, post natal blues, atau depresi pasca melahirkan bahkan. Apa sih itu sebetulnya? Trus bagaimana mengatasinya? Bisa dicegah ga?.. Yah, hal-hal seperti ini mungkin banyak terlintas di kepala wanita hamil dan akan melangsungkan persalinan tidak lama lagi.

Pertama, yang dapat kita bedakan dahulu adalah pengertian dari baby blues dan depresi pasca persalinan. Yess, kedua hal ini dapat terjadi pada pasien pasca persalinan, dan depresi pasca persalinan merupakan case yang lebih berat dari baby blues. Wajar atau tidak ya terjadi hal ini?

Wajar. Hal ini terjadi karena perubahan hormon ibu. Dari hormon kehamilan, masuk kepada persalinan, lalu hormon tubuh menyesuaikan untuk menunjang menyusui. Perubahan hormonal ini membutuhkan penyesuaian, dan tentunya dapat berefek kepada ibu.

Bagaimana mengatasinya?
Baby blues hanya berlangsung beberapa hari setelah melahirkan, bila berlangsung lebih lama dan dengan gejala yang berat, mungkin ibu masuk ke dalam keadaan depresi post natal dan sebaiknya konsultasikan dengan tenaga kesehatan.

Bagaimana mencegahnya atau agar cepat berlalu?
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Ibu hamil, melahirkan, dan menyusui membutuhkan dukungan keluarga dekat. Hal ini sangat penting untuk membantu ibu sebagai manusia akan perubahan tubuhnya, perubahan kebiasaan hidupnya dikarenakan ada mahluk hidup lain yang tergantung dengannya. Dukungan keluarga dekat dan bantuan dalam penyesuaian ini adalah hal yang utama, sampai ibu terbiasa. Badan manusia adalah adaptif dan habitualis. Setelah cukup beradaptasi, maka ibu bisa terbiasa dengan perubahan yang terjadi. Bantulah ibu baru mengurus bayinya, ibu harus mendapatkan asupan cukup, mendapatkan istirahat cukup, berada di lingkungan positif, dan berfikir positif. Hal-hal ini mampu mempercepat baby blues yang dialami ibu baru berakhir. Berikan cukup waktu “me time” untuk ibu, dan biarkan ibu berbahagia. Karena The Best Mom is a Happy Mom.

Narasumber : dr. Maharani Bayu,M.Ikom,IBCLC

Categories: Artikel, RS Evasari, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *