Stres Dapat Memicu Obesitas

picture2Obesitas merupakan hal yang selalu menjadi pokok pembahasan yang cukup menarik. Penderitanya banyak, laki-laki mau pun perempuan dari segala usia, sebagai pemicu berbagai penyakit degeneratif yang saat ini sudah tidak menjadi monopoli orang-orang lanjut usia lagi. Selain disebabkan karena pola makan yang tidak seimbang dan kurang olah raga, ternyata juga dapat disebabkan oleh stres.

Pernahkah Anda perhatikan, pada saat kita stres, jenis makanan yang cenderung kita pilih adalah yang tinggi gula dan lemak. Apa sih biang keroknya?

  1. Serotonin : Asupan tinggi karbohidrat menurut penelitian dapat meningkatkan hormon tersebut, sehingga menyebabkan kita menjadi “tenang dan merasa lebih baik”
  2. Neuropeptide Y : Hormon ini terbukti mengubah asupan tinggi lemak dan gula pada percobaan yang dilakukan pada tikus, secara langsung menjadi lemak tubuh
  3. Kortisol : Pengeluarannya dipicu oleh stres dan dapat mempengaruhi metabolisme dalam tubuh kita, meningkatkan nafsu makan, penyimpanan lemak dan penggunaan energi

Terjawab sudah mengapa dalam kondisi stres, sulit sekali untuk menurunkan dan menjaga berat badan di angka ideal.

Jadi apa yang dapat kita lakukan?

  1. Tetap jaga pola makan gizi seimbang, pilih makanan yang kita makan, luangkan waktu sejenak untuk bertanya, “Apakah makanan/ minuman ini baik  untuk tubuh saya?”, perbanyak sayuran dan buah, tidak minum kopi lebih dari dua cangkir sehari, kurangi lemak dan gula
  2. Olah raga teratur minimal 30 menit setiap hari, kegiatan ini dapat membantu mengeluarkan hormon endorfin (morfin yang dihasilkan oleh tubuh sendiri), yang berefek meningkatkan perasaan senang. Yoga dapat menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk membantu menurunkan stres selain merupakan advance stretching, tidak membebani sendi secara berlebihan, juga terdapat unsur meditasi, dan melatih keseimbangan, sehingga dapat dilakukan di semua usia.
  3. Tidur cukup yang berkualitas baik dapat membantu mengurangi keluarnya Kortisol dalam tubuh
  4. Tidak merokok
  5. Manajemen stres yang baik

Stay healthy … semoga bermanfaat. Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai program diet untuk mencapai berat badan ideal dan latihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini, dapat langsung menghubungi Klinik Psikologi, Gizi, dan Rehabilitasi Medik atau Customer Care RS Awal Bros Batam di 0778-431777 ext 1991/1992.

Categories: Artikel, RS Awal Bros Batam, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *