Kecacatan Bukanlah Akhir Dunia

ortotik-prostetikRumah Sakit (RS) Awal Bros Batam saat ini merupakan satu-satunya RS yang memiliki layanan ortotik prostetik di Batam dan sekitarnya. Bidang layanan tersebut menjadi bagian dari Klinik Rehabilitasi Medik. WHO mendefinisikan Rehabilitasi Medik sebagai ilmu pengetahuan kedokteran yang mempelajari masalah atau semua tindakan yang ditujukan untuk mengurangi/ menghilangkan dampak keadaan sakit/ nyeri/ kecacatan, dan atau halangan untuk meningkatkan kemampuan pasien mencapai integrasi sosial. Klinik Rehabilitasi Medik kami yang diketuai oleh dr. Fisher Iwan, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR), bekerja sama dengan sebuah tim solid dari berbagai terapi penunjang lain, yaitu : Fisio Terapi, Terapi Wicara, Terapi Okupasi, Ortotik Prostetik, juga berkoordinasi dengan Psikolog berusaha memenuhi kebutuhan pasien rawat jalan dan rawat inap di RS Awal Bros Batam.

Rehabilitasi Medik bertujuan untuk mengurangi/ menghilangkan keadaan sakit/ nyeri/ cacat semaksimal mungkin, melatih pasien untuk memaksimalkan kemampuan yang tersisa agar dapat pulih/ mendekati keadaan semula, sehingga dapat bekerja kembali sesuai kemampuan yang ada dan kualitas hidup dapat dipertahankan.

Mendengar istilah ortotik prostetik, mungkin merupakan sebuah kata yang asing di telinga kita. Ortotik prostetik adalah merupakan pelayanan, pembuatan, pengukuran, dan pengepasan alat bantu, dan alat ganti anggota tubuh manusia yang dilakukan oleh tenaga ahli profesional. Secara lebih tepat, ortotik terkait dengan alat bantu pada pasien yang menderita kelainan, kelayuhan, atau deformitas lainnya, sementara prostetik dikaitkan dengan alat bantu pada pasien yang kehilangan anggota gerak tubuh.

Kecacatan seseorang dapat disebabkan :

  • Kelainan bawaan sejak lahir yang bisa dikarenakan infeksi tertentu atau konsumsi obat dan jamu-jamuan sewaktu hamil, misalkan : kaki bengkok, ektremitas tidak berkembang saat dalam kandungan

a31304446614-680x400

 

 

 

 

  • Gejala sisa dari penyakit/masalah kesehatan tertentu, antara lain polio, cerebral palsy, pasca stroke, amputasi akibat kecelakaan, amputasi kaki diabetes, akibat tumor, kanker, masalah pada bantalan antar tulang belakang sehingga menyebabkan nyeri punggung terus menerus akibat saraf terjepit

indexpicture1korset-lumbal

pembuatan-kaki-palsu

 

 

 

 

 

 

 

Kecacatan bukanlah akhir dunia, asalkan kita dapat mensiasatinya dengan memaksimalkan kemampuan yang tersisa. Banyak orang-orang terkenal, bahkan dapat menjadi seorang olahragawan berprestasi, meskipun mempunyai kendala fisik tertentu. Kuncinya adalah tetap semangat dan berfokus ke solusi di masa depan. Dukungan keluarga dan lingkungan menjadi sangat berarti. Bila Anda membutuhkan, dapat menghubungi Customer Care RS Awal Bros Batam di 0778-431777 ext 1991/1992 atau langsung ke Klinik Rehabilitasi Medik, tim kami siap membantu Anda.

Categories: Artikel, RS Awal Bros Batam, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *