Pilihan Aman & Nyaman Dalam Penanganan Hernia Inguinalis

Teknik Bedah Laparoskopi Trans Abdominal Pre Peritoneal (TAPP)

Teknik Bedah Laparoskopi Trans Abdominal Pre Peritoneal (TAPP)

Hernia inguinalis atau bahasa awam sering disebut “turun berok” adalah kondisi di mana sebagian usus masuk melalui suatu titik lemah atau robekan pada dinding otot perut yang tipis, yang menahan organ perut pada tempatnya, ke dalam kanalis inguinalis, yaitu saluran berbentuk tabung, merupakan jalan tempat turunnya testis (buah zakar) dari perut ke dalam skrotum (kantung zakar) sesaat sebelum bayi dilahirkan. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun kondisi tertentu yang menyebabkan tekanan di rongga perut meningkat, seperti batuk-batuk lama, sering mengedan saat angkat berat, kesulitan buang air kecil (misal pada pria dengan pembesaran prostat) dan sulit buang air besar, dapat memperberat timbulnya hernia. Hernia primer adalah hernia yang terjadi pertama kali, bukan kasus ulangan. Hernia inguinalis pada pria terbagi menjadi direk (langsung) dengan benjolan yang timbul di selangkangan, dan indirek (tidak langsung) dengan ciri kantung zakar membesar, dapat timbul unilateral (satu sisi), juga bilateral (kedua sisi kanan kiri). Timbulnya benjolan bisa terjadi :

  • Dari yang ringan, masih bisa masuk sendiri, hilang timbul dengan perubahan posisi tubuh dari berdiri ke baring, dapat didorong masuk kembali ke rongga perut (reponibilis), tanpa disertai rasa nyeri;
  • Benjolan tidak bisa dikembalikan (irreponibilis);
  • Sampai yang berat, nyeri sekali, benjolan tampak kemerahan, tidak bisa buang air besar, akibat komplikasi dari terjepitnya usus pada lokasi hernia (inkarserata), aliran darah ke usus yang terjepit terputus (strangulasi), jaringan usus mati, sehingga harus dipotong sebagian.

Penatalaksanaannya dengan pembedahan. Saat ini ada berbagai teknik pembedahan yang dapat dilakukan, antara lain dengan Lichtenstein dan Trans Abdominal Pre Peritoneal (TAPP). Teknik Lichtenstein merupakan tindakan bedah terbuka untuk menghilangkan kantong hernia sekaligus memperkuat dinding belakang kanalis inguinalis dengan jala sintetis. Sedangkan TAPP merupakan salah satu dari tiga teknik bedah laparoskopi untuk memperbaiki hernia yang sering dilakukan dan dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan di dunia terbukti dapat diterima dan lebih aman.

dr-suryatmoko-aphs-2016 

aphs-2016

dr. Suryatmoko, Spesialis Bedah di RS Awal Bros Batam, menyampaikan hasil penelitiannya dalam The 12th International Congress of the Asia Pasific Hernia Society (APHS), 27-28 Oktober 2016 lalu di Tokyo, Jepang.  Penelitian tersebut dilakukan pada pasien hernia inguinalis unilateral primer di RS Awal Bros Batam, antara periode Januari 2012 sampai Desember 2014, dari 108 pembedahan hernia, total 54 pasien hernia yang ikut dalam penelitian ini, 25 pasien TAPP dan 29 pasien Lichtenstein, usia lebih dari 18 tahun, ditemukan bahwa kelompok pasien yang dioperasi dengan teknik TAPP terbukti dapat kembali ke aktivitas normal lebih cepat dengan risiko ketidaknyamanan dan nyeri pasca operasi di lokasi hernia lebih sedikit dibandingkan dengan yang dioperasi dengan teknik Lichtenstein. dr. Suryatmoko, dengan pengalamannya bertahun-tahun di bidang tersebut, menyatakan,”Hal ini tentu sangat menguntungkan dari sisi kualitas, keselamatan, dan kenyamanan bagi pasien, sehingga patut dipertimbangkan oleh dokter, pasien, dan keluarga saat mengambil keputusan memilih teknik pembedahan yang akan diambil didasarkan atas penelitian-penelitian secara internasional yang sudah dilakukan.”

Pelayanan yang bermutu dan mengutamakan keselamatan pasien adalah prioritas kami, bila Anda memerlukan konsultasi lebih lanjut mengenai hernia dan cara penanganannya, dapat menghubungi Customer Care RS Awal Bros Batam di 0778-431777 ext 1991/1992 atau langsung ke Klinik Bedah kami. Semoga bermanfaat …

Categories: Artikel, RS Awal Bros Batam, and Uncategorized.

Comments

  1. Azhari Sihombing

    Perkenalkan nama saya Azhari Sihombing. Saya mengalami hernia ada benjolan di sebelah kiri.antara perut da penis. Dan kalau kita posisi tidur benjolannya masih bisa hilang (kembali) .Saya mau tanya berapa kirakira biaya operasi untuk ini.Kalau bisa tolong di balas melalui email inl.
    Salam.

    • wahyu

      Untuk keluhan tersebut ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis bedah umum di RS Awal Bros terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *