Kanker Serviks Pembunuh Banyak Wanita

Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan kanker yang menyerang kaum wanita, sehingga jumlah penderitanya terus meningkat beberapa tahun belakangan ini. Dari seluruh penderita kanker di Indonesia, sepertiganya adalah penderita kanker serviks. Kanker ini memang merupakan pembunuh wanita yang menakutkan. Setiap satu jam, satu wanita meninggal di Indonesia karena kanker serviks atau kanker leher rahim ini.

Mengetahui ciri-ciri kanker serviks lebih awal adalah salah satu pencegahan yang paling tepat, karena kita bisa berkonsultasi dan melakukan tindakan yang tepat untuk pengobatan kanker serviks tersebut. Melakukan pola hidup sehat adalah salah satu cara pencegahan yang paling tepat.

Apa sebenarnya kanker serviks ini?

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang bagian mulut rahim, penyakit ini adalah salah satu penyakit yang memiliki tingkat kematian tertinggi di Indonesia hingga di Dunia. Kanker serviks sendiri disebabkan beberapa hal, salah satunya adalah HPV (Human Papiloma Virus). HPV adalah jenis virus yang menular melalui hubungan seksual, hal tersebut menyebabkan terjadi gangguan pada organ mulut rahim. HPV juga memiliki beberapa jenis yang sebagian besar adalah virus yang tidak berbahaya. Tapi ada beberapa jenis HPV yang mengganggu sel-sel organ mulut rahim untuk bisa berfungsi secara normal dan akhirnya bisa memicu kanker, tetapi HPV tidak bisa menyarang organ- organ yang ada didalam tubuh seperti,paru- paru, jantung, dll. HPV yang paling berbahaya adalah HPV 16 dan HPV 18. Kedua jenis virus ini yang menyebabkan 70 persen kasus kanker serviks. Virus ini tidak memiliki gejala awal, sehingga membuat virus ini susah untuk terdeteksi.

Apa yang harus dilakukan agar terhindar dari kanker serviks ini?

Melakukan pola hidup sehat adalah langkah awal untuk mencegah kanker serviks. Berhubungan seks dengan pasangan yang seharusnya. Tidak hanya itu melakukan Pap Smear dengan jangka waktu yang tepat adalah metode yang baik untuk memeriksa kesehatan sel pada jaringan organ leher rahim. Tes ini dilakukan dengan cara mengambil sel dari leher rahim dan diperiksa secara mikroskopis. Tujuan tes ini adalah untuk mengetahui apabila terjadi kelainan pada sel leher rahim atau bahaya virus HPV yang berpotensi menjadi kanker. Pap Smear yang baik dilakukan adalah satu tahun sekali bagi yang sudah berkeluarga. pap Smear atau Screening bukanlah tes untuk mendiagnosis 100% virus penyebab kanker serviks, melaikan berguna untuk mengetahui lebih awal apabila ada penyebaran virus HPV di organ leher rahim. Sehingga kanker serviks dapat dicegah dengan penanganan yang maksimal.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah berat badan karena kunci dari tubuh yang sehat adalah memiliki berat badan yang normal, perbanyak konsumsi buah dan sayur serta rutin berolahraga yang dapat menghindarkan kita dari bermacam- macam penyakit termasuk kanker serviks. Kehamilan dibawah umur sangat tidak dianjurkan dan hal ini tidak hanya berpotensi mengakibatkan kanker tetapi juga meningkatkan resiko penyakit lain. Usia yang tepat untuk memulai masa kehamilan adalah diatas 25 tahun. Bagi wanita perokok akan lebih mudah terkena kanker dan penyakit lain. Karena zat zat yang terkandung didalam rokok dapat mengakibatkan organ tubuh menjadi lebih rapuh dan mudah terkena virus yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Bagi perokok pasif sebaiknya hindari asap rokok mulai dari sekarang, karena meskipun anda bukan perokok, menghirup zat kimia yang berasal dari asap rokok juga meningkatkan resiko terkena kanker.

Kini Rumah Sakit Awal Bros Panam memiliki layanan Imunisasi aga dapat mencegah terjadinya kanker serviks, dengan informasi sebagai berikut :ca-serviks

 

Categories: Artikel, Promotions, RS Awal Bros Panam, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *