Manfaat Sunat Bagi Kesehatan

Sunat adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Di Indonesia, umumnya proses ini dilakukan saat anak laki-laki menduduki sekolah dasar. Sunat sama sekali tidak berdampak pada kesuburan pria.

Kenapa Perlu Sunat?

Dari sisi medis, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan orang yang menjalani proses sunat, yaitu:

  • Berkurangnya risiko tertular infeksi penyakit seksual. Orang yang sudah menjalani sunat umumnya lebih sedikit risikonya untuk mengidap human papilloma virus (HPV), herpes, sifilis, atau penyakit menular seksual lain. Meski demikian, pria yang sudah menjalani sunat harus tetap melakukan hubungan seksual yang sehat dan aman.
  • Mencegah terjadinya penyakit pada penis seperti peradangan pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis, yaitu kondisi saat kulup penis yang tidak disunat sulit untuk ditarik.
  • Berkurangnya risiko infeksi saluran kemih yang dapat merujuk kepada masalah ginjal. Infeksi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang yang tidak menjalani sunat.
  • Berkurangnya risiko kanker penis yang juga lebih jarang terjadi pada pria yang sudah disunat.
  • Mengurangi risiko kanker serviks pada pasangan. Risiko kanker serviks menurun pada wanita yang pasangannya telah menjalani sunat.
  • Membuat kesehatan penis lebih terjaga. Penis yang disunat lebih mudah dibersihkan, sehingga kesehatannya lebih terjamin dibandingkan yang tidak disunat.

Solusi untuk penyakit tertentu

Ada penyakit tertentu yang memerlukan sunat sebagai metode penanganan, yaitu:

Infeksi saluran kemih

Kondisi ini terjadi akibat bakteri terkumpul di dalam kulup yang kemudian menyebar ke sistem urine. Sunat biasanya dipilih untuk menangani pengidap yang berisiko mengalami infeksi ini berulang kali. Dengan sunat, frekuensi infeksi bisa dikurangi sehingga ginjal pun terlindungi dari berbagai komplikasi akibat infeksi berulang kali. Bayi yang terlahir dengan sistem saluran kemih yang abnormal biasanya disarankan untuk menjalani sunat untuk mencegah infeksi saluran kemih dan kerusakan pada ginjal.

Parafimosis

Parafimosis adalah kondisi di mana kulup tidak bisa kembali ke posisi semula karena terjadi pembengkakan di ujung kepala penis. Parafimosis kadang terjadi ketika kalup tidak dikembalikan ke posisi semula setelah ditarik ke belakang misalnya saat menjalani prosedur medis seperti pemeriksaan penis atau pemasangan kateter. Untuk menangani parafimosis, selain dengan obat-obatan, sunat biasanya diterapkan untuk sebagian kasus.

Balanitis

Balanitis adalah peradangan kulup penis, ditandai dengan gejala nyeri saat buang air kecil. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Sunat dianjurkan untuk pengidap yang mengalami infeksi berulang kali dan belum cukup ditangani dengan antibiotik.
Dalam rangka menyambut musim liburan yang sudah di depan mata, RS Awal Bros Pekanbaru sudah menyiapkan promo spesial liburan, yaitu Paket Sirkumsisi.
Musim liburan dijadikan waktu yang tepat untuk pelaksanaan sunat atau sirkumsisi, pesertanya rata2 murid SD atau tepatnya yang berusia dibawah 14 tahun.

sirkumsisi-2016-des

Silahkan buat perjanjian minimal 1(satu) hari sebelumnya ,hubungi :
Customer Care

08117510599

Categories: Artikel, Promotions, RS Awal Bros Pekanbaru, and Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *