Dr. Ainil Masthura.Sp. Ak.: Terapi akupuntur pada mual dan muntah saat hamil

Tanya :

Assalamualaikum bu dokter,
saya IRT berusia 22 tahun, menikah memiliki 1 anak, saat ini anak saya berusia 8 bulan, masalah saya dokter sekarang saya sering merasa gelisah pasalnya saya sering dihantui rasa ketakutan akan hamil kembali karena saya punya pengalaman mual muntah yang hebat saat hamil anak pertama sehingga keadaan itu sedikit membuat saya trauma akan terulang kembali, bahkan saya sempat menjalani perawatan.
Apakah dengan akupunktur bisa mengurangi keluhan itu? Baiknya kapan saya harus menjalani terapi? Terima kasih dok.

Mira, Depok.

Jawab :

Waalaikumsalam ibu mira.
Sebelumnya selamat ya sudah menjadi seorang ibu, baiknya jangan terburu-buru untuk punya anak lagi bila masih trauma bahkan kalau sekarang ibunya stres itu bisa mengganggu produksi air susu. Rileks ya bu. Baiklah ada baiknya ibu bertanya demikian berarti ibu ingin mempersiapkan diri untuk kehamilan selanjutnya, supaya tidak mengalami hal yang serupa.  Saya jelaskan sedikit mengenai keluhan ibu dulu ya. Keluhan mual muntah saat hamil memang terkadang sering dialami ibu-ibu hamil trimester pertama, wajar saja.

Namun, apabila mual muntah terlampau hebat sampai > 5 kali dalam sehari itu dapat mengkhawatirkan si ibu akan mengalami gangguan elektrolit dan penurunan BB, bagi janin bisa kekurangan gizi bahkan kematian. Keluhan ini biasanya terjadi pada kehamilan pertama , kehamilan kembar, alergi , obesitas ,dll.

Untuk keluhan ini ibu biasanya dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan lebih sering dan porsinya kecil, menghindari stress dan istirahat bila mual muncul. Kalau masih muncul juga biasanya dokter memberikan obat untuk mengatasinya.

Nah, mengenai akupunktur bisa menjadi salah satu pilihan terapi juga dikarenakan akupunktur  memiliki efek samping yang sangat kecil, resikonya juga lebih sedikit, juga dapat dikombinasi dengan obat-obatan. Akupunktur dalam beberapa penelitian efektif ibu untuk mengatasi mual muntah dalam kehamilan, ibu bisa mencobanya dulu sebelum hamil itu dapat membuat ibu tidak takut saat diakupunktur juga untuk mencegah ibu tidak merasa stres karena belum pernah diakupunktur sebelumnya. Mengenai waktu, akupuntur bisa dimulai kapan saja, bahkan saat ini karena ibu sedang gelisah juga, jadi akupunktur bisa juga membuat ibu lebih tenang.

dr. Ainil Masthura.SpAk

Jadwal Praktek :

Senin, Selasa, Kamis (17.00-20.00)

Rabu, Jum,at (08.00-10.00, 17.00-20.00)

Sabtu (13.00-17.00)

 

Categories: Consultation and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *