dr. Julias Arief Komala, Sp. B.: munculnya kutil dan mata ikan itu kemungkinan infeksi virus.

 

(dr. Julias Arief Komala, Sp. B. – Spesialis Bedah Umum) . RS Awal Bros Bekasi

Pertanyaan:

“Selamat siang dok. Mau tanya penyebab munculnya kutil dan mata ikan itu apa yah dok? Terimakasih”

(Tuti Susilo, Jakarta)

 

Jawaban:

Selamat siang Ibu Tuti, munculnya kutil dan mata ikan itu kemungkinan infeksi virus. Kutil atau Verruca Vulgaris adalah suatu tumor jinak yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). HPV akan menyebabkan lapisan kulit menjadi menebal. Gejala yang timbul umumnya adalah dengan peninggian permukaan kulit berbentuk bulat atau oval yang kasar, berwarna lebih terang atau lebih gelap dibandingkan daerah sekitarnya dan walaupun jarang dapat pula disertai dengan nyeri. Verruca Vulgaris tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri, pada umumnya akan hilang setelah beberapa bulan, namun dapat pula bertahun-tahun.

Pengobatan Verruca Vulgaris dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pengobatan medisinal dan pembedahan, Untuk pengobatan medisinal dapat diberi obat topikal asam salisilat atau podofilin. Sedangkan untuk pembedahan, dapat ditempuh dengan berbagai teknik, misalnya dengan cryotherapy (bedah beku), elektrokauterisasi dan laser.

Verruca Vulgaris adalah penyakit menular, namun penularan dan penyebarannya dapat dicegah, yaitu dengan menjaga kebersihan diri, mencegah terjadinya kontak dan jangan lupa untuk mencuci tangan apabila menyentuh kutil karena dapat menyebar atau menularkan ke orang lain.

(dr. Julias Arief Komala, Sp.B. – Spesialis Bedah Umum)

Categories: Consultation and RS Awal Bros Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *