Sebaiknya Hindari Daging Barbeque di Malam Tahun Baru

Ilustrasi (foto : internet)

VIVA.co.id – Berbagai cara dilakukan untuk merayakan pergantian tahun oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Pesta perayaan tersebut pun tak jarang diisi aneka makanan lezat yang melimpah.

“Kalau Natal dan Tahun Baru, banyak makan macem-macem. Karena mikirnya kumpul keluarga kan jarang-jarang, jadi mumpung setahun sekali semuanya di makan. Padahal dengan sekali-sekali itu bisa memicu penyakit dadakan,” ujar spesialis penyakit dalam, dr. Tirza Gwendoline SpPD, di RS Evasari, Jakarta, Jumat 23 Desember 2016.

Penyakit dadakan tersebut biasanya terjadi tiba-tiba akibat pola makan yang tidak seimbang dan terlalu banyak. Terlebih, beberapa jenis makanan mengandung zat yang sebaiknya dihindari dikonsumsi berlebihan.

“Daging barbeque, dari dagingnya sudah mencakup kolesterol tinggi dan lemak jahat. Kemudian bumbunya yang terdiri dari garam, bisa memicu tekanan darah tinggi. Dan bahayanya lagi jika dibakar terlalu lama hingga gosong,” ujar dokter yang bekerja di Rumah Sakit Evasari itu.

Makanan yang terlalu lama dibakar bisa mengandung zat karsinogenik yang berarti memicu timbulnya sel kanker. Apalagi, penggunaan minyak untuk membakarnya juga berefek buruk untuk tubuh dalam jangka panjang.

“Jadi jika tetap ingin makan daging barbeque, prinsipnya diseimbangkan. Caranya dengan tetap makan buah dan sayur di sela-sela konsumsi daging, serta hindari makanan yang gosong,” jelasnya.

http://m.life.viva.co.id/news/read/863099-sebaiknya-hindari-daging-barbeque-di-malam-tahun-baru

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *