Edukasi Kesehatan “Heart Attact at Young Heart”

Memiliki tubuh yang sehat adalah keinginan setiap orang di dunia ini. Tidak sedikit yang mencari informasi tentang pencegahan, pengobatan, serta pengertian dari penyakit-penyakit yang dianggap berbahaya atau mematikan. Seperti yang dilakukan di Restaurant Golden Suki dan Asuransi Sun Life bekerjasama dengan RS Awal Bros Makassar dalam menggelar kegiatan Health Talk dengan tema “Cegah Jantung Koroner Sejak Dini” Jumat (17/12) dengan mengundang beberapa nasabah perioritas Bank CIMB Niaga. Pemaparan materi kesehatan oleh dr. Faisal Pamewa, SpJP yang merupakan salah satu dokter Spesialis Jantung RS Awal Bros Makassar.

Dr. Faisal menjelaskan, penyakit jantung itu tidak memandang usia baik itu dewasa, remaja, balita, pria atau wanita. Semua tingkat manusia dapat terserang penyakit ini. Umumnya, karena pola hidup yang kurang sehat sehingga dapat menimbulkan gejala penyakit jantung. Dan belum lama ini sebuah studi melakukan pemeriksaan terhadap 760 mayat remaja dan orang berusia muda, para peneliti menemukan sumbatan pada arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan Kolesterol.

Faktor risiko terbesar terjadinya sumbatan arteri adalah obesitas dan tingginya kadar low density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal dengan Kolesterol jahat, yang mana inilah yang akan menempel di dinding-dinding arteri.

Sedangkan faktor risiko lain seperti merokok, tekanan darah tinggi, dan kadar high density lipoprotein (HDL) atau Kolesterol baik yang rendah juga meningkatkan risiko seseorang mengalami penyumbatan arteri.

“Intinya adalah bahwa pencegahan jangka panjang penyakit arteri koroner sudah harus dimulai pada masa anak-anak atau setidaknya di usia remaja,” ujar  Dr. Faisal.

Categories: News and RS Awal Bros Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *