Brain SPA Perlancar Peredaran Darah di Kepala

Brain SPA Perlancar Peredaran Darah di Kepala. (Dr. Samuel Tandionugroho, Sp.Rad-KRI, – Spesialis Radiologi Intervensi RS Awal Bros Bekasi)

 

MajalahKartini.co.id –  Radiologi intervensi itu bukan hanya sekedar DSA (Digital Substraction Angiography)/Brain SPA. Dr. Samuel Tandionugroho, Sp.Rad-KRI, RS Awal Bros Bekasi kepada majalahkartini.co.id mengungkapkan, mengenai tindakan yang ia lakukan untuk DSA kepala atau biasa dikenal dengan flushing itu adalah suatu tindakan memperlancar peredaran darah di kepala. “Hal itu bisa kita evaluasi dengan MRI/MRA/PERFUSI, kita bisa mengevaluasi sebelum dan sesudah tindakan,” kata Dr. Samuel.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari MRI kita bisa melihat kelainan yang ada di otak, kepala serta dapat melihat pembuluh darah serta letak sumbatannya. “Radiologi intervensi prinsipnya ada 2 yaitu Pertama adalah memperlancar pembuluh darah. Kedua, menyumbat pembuluh darah yang bocor atau yang memberi makan sel-sel tumor/kanker,” jelas dr. Samuel.

Prosedur tindakan DSA itu sendiri kata dia dengan membuat sayatan luka kecil yang tidak sampai 0,5 cm untuk memasukkan kateter. Kateter itu diletakan disekitar leher dan kemudian dilakukan flushing. Biasanya outcome yang tim medis dapat dari pasien adalah pasien akan merasakan kepala yang lebih ringan, lebih segar, sakit kepalanya hilang, rasa berat di pundak juga hilang. “Jadi keluhan-keluhan yang terjadi akibat sumbatan pembuluh darah balik itu biasanya seperti itu (Migrain, Sakit Kepala Kronis, Vertigo, Rasa Berat di Kepala) yang mana pasien cenderung abai terhadap hal tersebut maka itulah kita lakukan DSA,” katanya lagi.

Urutan dalam melakukan DSA adalah:
– Pemeriksaan laboratorium
– Darah rutin
– Laju endap darah
– Pemeriksaan proses-proses pembekuan darah
– Pemeriksaan fungsi ginjal
– MRI kepala (MRI, MRA, MRV, PERFUSI)

“DSA bisa menjadi tindakan preventif yaitu kita bisa mengetahui keadaan pembuluh darah otak kita secara real time,” kuncinya. (Foto: Doc RS Awal Bros)

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Bekasi.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *