Tips Sehat Selama Liburan

Tips Sehat Selama Liburan. (dr. Achmad Yudha Aulia – General Practitioner RS Awal Bros Bekasi)

 

Liburan merupakan hal yang menyenangkan. Untuk menjaga kesehatan selama berlibur, berikut ini tipsnya.

1. Saat liburan tidak ada salahnya tetap menjaga kebugaran tubuh dengan cara olahraga ringan. Umumnya ketika liburan kita banyak melakukan kegiatan aktivitas luar ruangan seperti berjalan kaki, makanya jika memungkinkan sebelum berangkat lakukan sedikit pemanasan untuk melemaskan otot yang tegang. Dengan begitu kesehatan kita akan tetap terjaga dan rencana traveling di hari berikutnya dapat berjalan sesuai rencana dengan tubuh yang lebih segar. Disaat kamu traveling dan memiliki jadwal yang cukup padat, satu hal yang penting kamu penuhi yaitu istirahat yang cukup. Jangan paksakan tubuh untuk terus beraktifitas tanpa mengenal waktu dan usahakan tetap tidur tidak kurang dari 6 jam agar kondisi tubuh tetap bugar. Karena apabila kurang istirahat dan tidur kurang berkualitas akibatnya metabolisme tubuh dapat terganggu. Tidak hanya itu apabila kurang tidur di keesokan harinya wajah tidak terlihat segar dan tubuh terasa kurang bugar untuk menjalankan segala kegiatanmu.

2. Vaksinasi flu sebaiknya dilakukan dua pekan sebelum liburan dimulai. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kekebalan terhadap virus flu. Namun dengan melakukan vaksinasi ini belum membuat Anda terbebas dari penularan penyakit, tindakan preventif seperti mencuci tangan tetap harus dilakukan.

3. Suplemen merupakan salah satu barang yang wajib dibawa selama travelling. Apalagi yang merencanakan bepergian jauh dengan menempuh perjalan selama berjam – jam. Sebaiknya minum suplemen nutrisi guna meningkatkan stamina dan mencegah rasa lelah yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Apel merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin C, Vitamin B komplek dan antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas dan virus. Pisang merupakan makanan yang cocok untuk dibawa traveling, karena buah ini cukup memberikan energy bagi tubuh. Selain itu juga dapat memulihkan energy yang hilang. Air putih harus selalu ada dalam tas ransel Anda. Biasakan selalu minum air putih guna menjaga metabolisme tubuh dan menghindari dehidrasi. Hindari Junk Food, Makanlah Dengan Menu Yang Lebih Sehat. Ketika kita traveling tentunya kita akan tergiur dengan sajian beragam kuliner khas disana. Jadi cobalah menu-menu tersebut khususnya yang sehat. Namun jika tidak dapat dihindari, cobalah alternatif junk food yang lebih sehat misalnya sandwich yang dilengkapi dengan sayur atau salad.

4. Stasiun, terminal, bandara maupun pelabuhan adalah tempat-tempat dimana rawan sekali penularan penyakit. Proteksi yang dapat kita lakukan antara lain menggunakan masker saat berada di tempat yang ramai. Penyakit seperti pilek, batuk dan flu adalah penyakit yang bisa dengan mudah menular namun juga mudah untuk diidentifikasi. Selain baju dan gadget ada barang yang tak kalah penting untuk di bawa saat traveling yaitu obat-obatan. Bawalah obat-obatan pribadi Anda sebagai langkah preventif terhadap penyakit yang bisa saja menjangkiti selama traveling. Penyakit yang biasa diderita para traveler antara lain maag, sakit kepala, masuk angin, flu dan batuk. Amat sangat penting untuk menyertakan obat merek tertentu yang sering Anda konsumsi ke dalam tas untuk berjaga-jaga siapa tahu obat yang menjadi andalanmu tidak dijual di tempat tujuan.

Categories: Artikel and RS Awal Bros Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *