Waspada Penyakit yang Mengintai Usai Perayaan Tahun Baru

Ilustrasi (foto : internet)

VIVA.co.id – Pergantian tahun identik dengan kegiatan perayaan dan sajian lezat penggugah selera. Meski demikian, Anda harus tetap waspada terhadap asupan makanan yang disajikan di malam tahun baru, karena beberapa penyakit dadakan sering menyerang setelah perayaan tahun baru berlangsung.

Penyakit dadakan merupakan penyakit yang tiba-tiba menyerang dan berakibat fatal pada tubuh. Sebenarnya tubuh sudah berpotensi menderita penyakit dadakan tersebut, namun semakin terpicu karena disertai pola makan yang tidak sehat.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Tirza Gwendoline SpPD., menuturkan penyakit dadakan itu mencakup tekanan darah yang sangat tinggi hingga berakibat stroke dan penyakit jantung koroner, serta kolesterol yang sangat tinggi akibat konsumsi makanan mengandung garam yang berlebihan. Bahkan, risiko diabetes juga mampu menyerang, dengan secara tiba-tiba.

“Setelah tahun baru, justru poliklinik sepi dan emergensinya yang penuh. Biasanya hari-hari kedua dan ketiga, efek penyakit dadakan baru kelihatan,” ujar dokter Tirza, di RS Evasari, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dilanjutkannya, penyakit dadakan tersebut juga kerap hadir sebagai penyakit atau masalah kronis yang tidak terkontrol. Sayangnya, banyak masyarakat yang mengabaikannya sehingga saat tahun baru tiba, tidak memperhatikan pola makan yang dikonsumsinya.

“Penyakit kronis yang tidak terkontrol atau udah pernah dikasih tahu dia berpotensi sakit tapi diabaikan dan jadi gak terkontrol. Apalagi sekarang paling banyak usia produktif yang mengalaminya, sekitar usia 30-an,” lanjut dokter yang bekerja di Rumah Sakit Evasari itu.

Untuk itu, dokter Tirza mengingatkan agar terus waspada dengan alarm pada tubuh seperti lingkar perut yang meningkat akibat penumpukan lemak atau sakit kepala akibat tekanan darah yang meningkat. Hal ini, kata Tirza, harus dilakukan tahapan pencegahannya sebelum timbul saat tahun baru.

“Kalau sudah obesitas, sebaiknya menurunkan berat badan minimal sepuluh persen aja atau saat sakit kepala karena tensi tinggi, segera batasi pola makan di malam tahun baru itu,” kata dia.

http://m.life.viva.co.id/news/read/863762-waspada-penyakit-yang-mengintai-usai-perayaan-tahun-baru

 

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *