Arti di Balik Senyum dan Tangismu

Arti Di Balik Senyum dan Tangismu. Dr. Ayi Dilla Septarini Sp.A – Spesialis Anak RS Awal Bros Bekasi

 

 

Mungkin Moms salah satu orang yang percaya jika si kecil mendadak menangis kencang atau menangis tanpa keluar air mata berarti sedang diganggu makhluk halus. Begitu juga sebaliknya, jika si kecil tersenyum saat tidur berarti sedang diajak bermai oleh makhluk yang tak kasat mata. Namun dari sisi medis, sebenarnya apa sih yang sedang terjadi dengan si kecil? Berikut penjelasan dr. Ayi Dilla Septarini, Sp.A – Spesialis Anak RS Awal Bros Bekasi yang diterbitkan oleh Tabloid Mom&Kiddie Edisi 8 TH XI (1-14 Desember 2016).

Arti Bayi Tersenyum Saat Tidur

Bayi baru lahir belum bisa bermimpi, jika bayi tersenyum itu merupakan senyum refleks. Senyum refleks muncul sejak lahir sampai usia kurang lebih 2 bulan. Sifatnya hanya sekilas dan spontan, bisa terjadi saat tidur. Senyum refleks dipengaruhi oleh gerak refleks yang memang masih mendominasi gerak bayi baru lahir. Refleks adalah gerakan otomatis dan spesifik yang timbul karena adanya rangsangan dari luar. Gerak refleks inilah yang menjadi bekal untuk membantu bayi menjalani kehidupan barunya sebelum bayi mempunyai keterampilan untuk mengatur gerakan-gerakan tubuhnya. Artinya, senyum manis itu tersungging untuk menarik perhatian orang disekitarnya agar bayi teteap merasa aman.

Arti Menangis Tak Keluar Air Mata

Adalah hal yang wajar pada newborn bila menangis tapi tak keluar air matanya. Hal ini karena saluran air mata bayi belum terbentuk secara sempurna. Setelah berumur berkisar 2-3 bulan atau saat saluran tersebut mulai berkembang, maka bayi yang menangis akan mengeluarkan air mata. Dalam beberapa kasus, bayi yang menangis tanpa airmata bisa juga diartikan bahwa bayi mengalami dehidrasi. Jika melihat bayi terus menerus menangis dengan kondisi mata yang kering, sebaiknya berikan bayi cairan yang cukup (ASI atau sufor), karena itu disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh bayi sehingga tidak keluar air mata. Tapi jika setelah diberikan cairan yang cukup bayi tetap tidak mengeluarkan air mata saat menangis, ada kemungkinan hal itu disebabkan oleh tertutupnya saluran air mata bayi. Untuk mengatasinya, orang tua bisa memberikan pijatan lembut dibagian sudut mata bayi yang dekat dengan hidung, ini bisa membantu memperlancar saluran air matanya. Apabila air mata tidak kunjung keluar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Arti Bayi Mendadak Menangis

Kalau bayi Moms tiba-tiba menangis, jangan langsung menuduh makhluk halus penyebabnya.umumnya bayi menangis karena merasa tidak nyaman, kehausan dan saatnya untuk menyusui atau mengompol sehingga popoknya basah yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit sekitar genitalnya. Udara terlalu panas yang menimbulkan rasa gerah pada bayi juga bisa menyebabkan bayi mendadak menangis. Bukalah pakaiannya, periksa apakah ada ruam atau kemerahan pada kulitnya. Bayi juga bisa menangis karena kelelahan akibat bepergian atau bermain seharian. Alergi terhadap sesuatu juga bisa menyebabkan bayi rewel. Bila bayi menangis disertai gejala demam, muntah atau diare konsultasikan segera kepada dokter karena mungkin ada penyakit yang menyebabkan bayi menangis terus.

Arti Bayi Tidur Menyentakkan Tubuhnya

Hal ini juga merupakan gerakan refleks yang normal atau disebut dengan refleks Moro, yaitu refleks yang muncul untuk mempertahankan diri pada bayi baru lahir. Refleks ini merupakan refleks primitif yang merupakan bagian dari adaptasi. Jika ada suara atau gerakan yang mengejutkan, bayi merentangkan tangan dan kakinya. Umumnya saat ada yang membuatnya terkejut, bayi baru lahir juga akan melengkungkan punggung dan melemparkan kepala ke belakang. Pada beberapa kondisi kadang disertai dengan sedikit perubahan gerakan tubuh atau dengan suara tangisan berdurasi singkat, namun tetap dapat diatasi dan bayi pun masih tertidur.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Moms lakukan ketika bayi mengalami refleks Moro:

  1. Pijat ringan tubuhnya sebelum tidur, supaya bayi merasa nyaman dan rileks
  2. Kurangi aktivitas fisik berlebihan pada sore dan malam hari
  3. Hindari sumber pemicu kaget misalnya AC terlalu dingin, pencahayaan kamar terlalu terang dsb
  4. Minimalkan suara keras yang bisa didengar oleh si kecil, seperti suara televisi, radio atau telepon
  5. Segera beri tindakan yang menenangkan si kecil jika ia kaget, yakni dengan cara membelai kepala atau dadanya

Arti Bayi Cegukan

Bayi baru lahir hingga usia 3 bulan, memang sering mengalami cegukan. Cegukan terjadi akibat belum matangnya fungsi saraf yang mengatur diafragma bayi, yakni otot antara rongga dada dan perut. Bila kebetulan bayi Moms mengalami cegukan, lakukan hal-hal berikut:

  1. Bila cegukan saat menyusu, coba ubah posisi menyusui dan terus susui sampai cegukan hilang
  2. Perhatikan, apakah saat menyusu bayi dalam keadaan tenang atau justru terlihat begitu semangat yang membuat udara masuk ke diafragma
  3. Cek juga posisi menyusui. Posisi menyusui yang benar adalah puting dan ereila masuk ke mulut bayi, bayi berada dalam garis lurus dengan lengan bayi, serta perut bayi berhadapan dengan perut ibu
  4. Bila cegukan terus terjadi, hentikan dulu kegiatan menyusunya. Sandarkan bayi tegak menghadap Moms dengan kepala di bahu Moms, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti ketika Moms menyendawakannya.
  5.  Bila bayi minum dari botol, perhatikan apakah botolnya memiliki regulator dan lubang pada dot bayi. Pilihlah botol dengan lubang dot yang lebih kecil agar bayi bisa mengatur ritme menyedot susu sehingga tidak cegukan.
  6. Peluk dan dekaplah setiap kali bayi cegukan. Biasanya dalam waktu beberapa menit, ‘serangan’ cegukan akan mereda.

 

 

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *