Konsep Baru Rehabilitasi Medik di RS Awal Bros Pekanbaru

BAGI Anda yang menderita berbagai jenis penyakit seperti stroke, cidera akibat olahraga, nyeri punggung, rematik, radang sendi, linu panggul,  insomnia, kelelahan, stres, sirkulasi darah yang buruk, nyeri otot, kram, kaku, kelumpuhan, stroke, luka bakar atau penyakit lainnya, kini jangan takut dan ragu karena penyakit tersebut bisa diobati dengan menggunakan alat Cryoair dan hydrosun melalui new concept therapy yang ada di Rumah Sakit Awal Bros Sudirman Pekanbaru. Karena peralatan medis ini hanya ada di Rumah Sakit Awal Bros Sudirman Pekanbaru.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dr Kobal Sangaji SpKFR menjelaskan, metode terapi yang menggunakan alat Cryroair dan Hydrosun ini masih tergolong baru. Sebelumnya terapi yang digunakan tidaklah seperti ini. Dimana terapi ini menggabungkan terapi panas dan dingin yang diadopsi dari luar negeri karena peralatan ini dirancang dan dibuat oleh Jerman.

Bagi pasien yang menderita penyakit yang ingin disembuhkan melalui terapi Cryoair dan hydrosun, sebaiknya mendatangi Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Dimana sebelum terapi dilakukan, pasien berkonsultasi dengan dokter spesialis hingga diketahui alat terapi apa yang akan digunakan untuk pengobatan.

Terapi Cryoair dikembangkan untuk terapi lokal. Cryoair aman dan mudah digunakan. Dalam terapi udara dingin, aliran udara tertutup ditiupkan langsung ke kulit dengan menggunakan selang pengobatan. Yang menjadi sasaran adalah daerah dimana penyakit yang akan disembuhkan sehingga hanya bagian tubuh yang sakit yang akan merasakan dinginnya udara yang ditiupkan dan ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Terapi ini memiliki kecepatan aliran udara disesuaikan hingga 1500l/min. Perangkat mendinginkan udara yang digunakan untuk terapi ke -32 ° C menjadi -60 ° C dan meniup udara didinginkan melalui selang perawatan pada tubuh untuk zona diperlakukan.

‘’Rata-rata terapi yang dijalani sekitar 10 menit tergantung cidera yang dialami pasien. Cryorair ini bisa digunakan untuk semua kasus-kasus seperti cidera olahraga, fisioterapi, dermatologi dan sebagainya,’’ sebutnya.

Menurut dr Kobal, terapi cryoair bisa mengurangi rasa sakit dengan merangsang produksi endorfin, yang merupakan zat kimia saraf yang memiliki sifat analgesik. Terapi ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan memperlebar pembuluh darah sehingga lebih banyak oksigen dipasok ke jaringan yang mengalami pembengkakan. Perbaikan sirkulasi darah juga memperlancar sirkulasi getah bening sehingga membersihkan tubuh dari racun.

Sementara itu, Hydrosun (terapi udara panas) cara kerjanya sama dengan Cryoair. Dimana panas yang diberikan hydrosan berbeda antara pasien satu dengan pasien lainnya dilihat dari jenis kulit pasien. Hal ini dikarenakan daya serap jenis kulit berbeda. Jika menggunakan terapi hydrosan, pasien tidak perlu merasa takut kulitnya melepuh akibat suhu panas yang diberikan hydrosan. Karena suhu panas yang dialirkan akan menyerap hingga otot dan persendihan tanpa melukai kulit pasien atau membuat kulit memerah atau luka bakar sehingga pengobatan dengan menggunakan kedua alat ini benar-benar aman.

Sementara itu hydrosun terapi menggunakan prinsip panas yang di alitkan ke dalam tubuh. Berbeda dengan jenis terapi panas pada umumnya, panas pada hydrosun sangat aman tidak menimbulkan efek samping seperti luka bakar. Pasa pada hydrosun langsung melewati kulit dan terasa hangat di otot dan persendian.

‘’ Treatment kita lakukan kepada pasien dalam proses penyembuhan/terapi dilaksanakan tiga kali dalam sepekan selama dua pekan. Cryoair dan hydrosan merupakan teknologi penyinaran model baru. Semua kasus bisa ditangani dengan peralatan ini. Untuk Hydrosan, panas yang disinarkan kepada pasien dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga terjadi proses penyembuhan, menaikkan suhu jaringan  sehingga matabolisme dalam tubuh kembali berfungsi,’’ terangnya.***

 

Sumber : Riau Pos (Minggu, 15 Januari 2017)

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *