Penyakit Gusi (Gum Disease)

Apakah penyakit gusi itu?

Penyakit gusi biasanya ditandai dengan rasa sakit dan kemerahan di jaringan sekitar gigi. Hal ini disebabkan karena adanya bakteri yang kita sebut sebagai Plak. Plak akan terbentuk dan melekat erat di gigi.

Bakteri plak akan memproduksi toksin (racun) yang akan menyebabkan peradangan  pada gusi yang disebut dengan Gingivitis.

Tahap awal dari penyakit gusi tidak akan terlihat , tetapi jika plak tersebut tidak dibersihkan menggunakan sikat gigi dan benang gigi (dental floss) maka plak tersebut  akan bertambah banyak. Plak akan mengalami kalsifikasi yang kita sebut sebagai karang gigi. Gingivitis/radang gusi yang dibiarkan begitu saja berpotensi berkembang menjadi Periodontitis. Komplikasi yang serius ini merupakan inflamasi pada jaringan dalam gusi dan tulang yang umumnya berujung pada gigi yang tanggal.

Tahap awal penyakit gusi tidak selalu  terlihat dan sakit. Semakin awal terdeteksi semakin mudah dilakukan perawatan.  Penyakit jaringan pendukung gigi yang  tidak terawat mempunyai hubungan dengan penyakit lain seperti penyakit jantung, penyakit gangguan pernafasan,  stroke, diabetes, dan kehamilan.

Anda berisiko terhadap atau mengalami penyakit gusi/ penyakit periodontal ( jaringan pendukung gigi) apabila :

  1. Merokok
  2. Mempunyai riwayat kencing manis/diabetes mellitus
  3. Asupan makanan kurang bergizi
  4. Mengkonsumsi obat-obatan seperti obat anti stres, obat jantung, dan pil KB
  5. Hamil
  6. Punya riwayat keluarga anda yang memiliki penyakit jaringan pendukung gigi/periodontal disease
  7. Mempunyai kebiasaan mengasah gigi
  8. Sering mengalami stres
  9. Mempunyai bau mulut yang tidak sedap
  10. Gusi sering berdarah, kemerahan terutama sewaktu sikat gigi dan menggunakan floss gigi
  11. Gusi anda mengalami penurunan
  12. Gigi anda goyang atau tanggal

“Jika jawaban Anda iya terhadap pernyataan di atas, berarti Anda mengalami penyakit periodontal ( jaringan pendukung gigi),” tuntas drg. Airina, Spesialis Periodonti RS Awal Bros Batam,“Untuk mengatasi hal tersebut diatas sebaiknya sering memeriksakan gigi Anda ke Dokter Gigi terutama Periodontis. Periodontis adalah Dokter Gigi yang telah terdidik untuk mendiagnosis dan melakukan perawatan penyakit gusi baik perawatan bedah maupun non bedah.” Untuk konsultasi dan appointment, Anda dapat menghubungi Customer Care kami di 0778-431777 ext 1991/1992. Jaga kesehatan kita sebelum terlambat, have a nice weekend

Categories: Artikel and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *