Bahaya Polusi Udara Bagi Reproduksi Wanita

Ilustrasi (foto: internet)

VIVA.co.id – Polusi udara dari asap kendaraan maupun rokok, menyumbangkan bahaya pada kesehatan. Tak terkecuali, bahaya yang mengintai organ reproduksi kaum wanita.

Di kota-kota besar, penumpukan asap akibat polusi udara, sudah menjadi hal yang biasa. Namun, polusi udara tersebut terbukti berbahaya untuk organ reproduksi.

“Polusi udara sudah terbukti terhadap pertumbuhan kista endometriosis. Di mana polusi udara mengandung radikal bebas yang berbahaya,” ujar spesialis Obgyn, dr Ridwan Mahmuddin, SpOG, kepada VIVA.co.id.

Polusi udara memang bukan penyebab utama yang memicu terjadinya kista endometriosis. Namun, meski kemungkinannya kecil, polusi udara tetap berperan pada kasus kista endometriosis ini.

“Kista endometriosis terbentuk karena darah mens yang masuk lagi ke saluran telur sehingga terjadi gumpalan. Tapi radikal bebas pada polusi juga membuat pembentukan kista menjadi lebih mudah,” kata dia.

Sebab, wanita yang mengalami penurunan daya tahan tubuh, sangat rentan terhadap radikal bebas tersebut. Dengan adanya kista endometriosis itu, bakal berakibat penurunan kualitas sel telur di rahim.

“Penyakit organ reproduksi seperti endometriosis atau sindrom ovarium polikistik, menyebabkan kualitas telurnya tidak baik. Sehingga dibuahi pun tidak mudah ataupun keguguran.” (one)

http://m.viva.co.id/life/kesehatan-intim/879019-bahaya-polusi-udara-bagi-reproduksi-wanita

 

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *