Anak Kena Cipratan Air Liur Orang Sakit Tingkatkan Risiko Infeksi Meningitis

Ilustrasi (foto : internet)

MENINGITIS pada anak terjadi tiba-tiba dan menambah angka kematian yang cukup tinggi. Karenanya, penyakit infeksi yang menyerang otak ini jarang disadari para orangtua.

Dijelaskan Spesialis Anak dari RS Evasari Jakarta dr Darmady Darmawan SpA, meningitis merupakan radang selaput otak yang disebabkan karena virus, bakteri dan patogen lainnya.

“Penularannya lewat droplet (cipratan air liur-red) dari orang yang sakit. Kalau cairan itu kena ke anak bisa menyebarkan bakteri, ” terang dr Darmady saat ditemui Okezone di RS Evasari Awal Bross, kawasan Rawasari, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2017).

Jenis bakteri yang paling sering menyebabkan meningitis yaitu hemofilus influenza B, pneumonia dan neiseria meningitis. Sementara itu, proses penularannya cukup cepat. Bagaimanakah?

“Prosesnya bakteri infeksi kena droplet kumpul masuk ke saluran napas. Dari situ bakterinya bikin infeksi ke aliran darah dan ke otak, ” beber dr Darmady.

Selanjutnya, terjadilah infeksi yang menjadi gejala meningitis pada anak. Bentuknya berupa infeksi tenggorokan, infeksi dalam otak, infeksi paru-paru, atau sinusitis.

Orangtua harus segera deteksi dini pada anak yang mungkin sedang sakit yang tak kunjung sembuh. Si kecil agar cepat tertolong dan diatasi dengan tepat.

http://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/03/481/1608841/anak-kena-cipratan-air-liur-orang-sakit-tingkatkan-risiko-infeksi-meningitis

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *